Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

header niko 728 x 90

kapan bayi minum air putih

InspirasiBersama.com – Banyak para ibu yang masih bingung mulai kapan bayi boleh minum air putih ?. Para dokter menyarankan bagi bayi yang baru lahir sampai usia enam bulan untuk tidak diberikan makanan selain ASI. Hal ini adalah benar. Semua ini dikarenakan selain ASI mengandung nutrisi yang lengkap bagi bayi, pencernaan bayi pada usia tersebut masih belum bisa berfungsi dengan baik. Apakah sebelum enam bulan bayi dilarang untuk diberikan air putih ?

Selama enam bulan seorang bayi dilarang untuk diberikan air putih. Yang disarankan oleh para pakar kesehatan adalah ASI. Dengan konsumsi ASI secara eksklusif maka bayi sama saja dengan konsumsi air. Hal ini dikarenakan unsur ASI juga mengandung cairan yang dibutuhkan oleh bayi. Jadi bayi yang mengkonsumsi ASI tidak akan mengalami gangguan keseimbangan cairan. Baru setelah enam bulan, bayi baru boleh diberikan air putih namun harus sedikit demi sedikit dalam pemberiannya.

Baca Juga  Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

Hal ini dikarenakan pencernaan bayi masih terbilang baru merasakan air putih jadi harus diberikan sedikit demi sedikit agar tidak mengganggu pencernaan bayi. Selain itu dalam pemberian air putih, para ibu dihimbau tidak memberikan dalam jumlah yang banyak agar bayi tetap mengkonsumsi ASI sebagai nutrisi utama. Sang ibu bisa memberikan air putih setelah bayinya nenen ASI dengan menggunakan sendok kecil secara perlahan-lahan.

Baca Juga  Manfaat Tes Darah Bisa Untuk Mendeteksi Penyebab Infeksi

Pemberian air putih pada bayi pada usia yang belum disarankan bisa membahayakan kesehatan bayi. Pasalnya saat enam bulan setelah dilahirkan, pencernaan bayi belum sepenuhnya berfungsi dengan baik termasuk menerima air putih. Bahkan ada beberapa kasus pemberian air putih pada bayi yang baru lahir malah menimbulkan masalah pada keseimbangan cairan bayi. Hasilnya bayi bisa mengalami diare dan bisa berujung pada kejang-kejang. Padahal para pakar menyarankan agar mencegah bayi agar tidak sampai kejang karena bisa merusak struktur otak.

Baca Juga  Kisah Pria Yang Memakan Kentang Selama Satu Tahun

 

Artikel Terkait : Alasan Mengapa Bayi Tidak Perlu Pakai Bedak Tabur 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *