Mudah Marah Dapat Memicu Hipertensi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mempunyai sifat pemarah adalah hal yang negatif, karena sering marah-marah bisa berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satu dampak dari sering marah-marah ialah dapat memicu hipertensi atau yang biasa di sebut tekanan darah tinggi.

Mungkin banyak dari anda yang belum tau apa sih yang terjadi dalam tubuh orang yang sedang marah marah? Berikut ini Dr.Arieskan Ann Soenarta,SpJP. Telah lah menjelaskan, jika pada tubuh seseorang yang sedang marah-marah itu akan terjadi peningkatan hormon adrenalin di dalam tubuhnya.

Baca Juga  Pengen Tahu Mengapa ‘Junk Food’ Tidak Baik Bagi Kesehatan

Meningkatnya hormon adrenalin dapat menyebabkan pembuluh darah mengecil,sehingga tekanan darah dapat meningkat, jelas Dr.Arieskan Ann. Seperti halnya dengan tabung jika di kecilkan maka tekanannya akan meningkat.

Selain marah-marah,seseorang yang dalam kondisi stres juga bisa membuat detak pada jantung semakin cepat. Dr.Arieskan juga mengungkapkan jika hipertensi tidak terkontrol maka dapat meningkatkan seseorang terkena risiko sakit jantung dan juga stroke.

Karena itu, seseorang yang sudah terkena hipertensi bukan hanya harus rutin minum obat dan mengatur pola makan yang sehat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, namun penderita hipertensi juga diharuskan untuk mengontrol emosinya.

Baca Juga  Tips Supaya Anak Lebih Suka Minum Air Putih di Banding Minuman Yang Lainnya

Agar terhindar dari marah-marah seringlah melakukan rileksasi ataupun meditasi untuk menenangkan diri, sehingga hormon hormon yang dapat mempersempit pembuluh darah dapat turun serta tekanan darah akan stabil.

Baca Juga : Manfaat Puasa Bisa Bermanfaat Mengendalikan Tekanan Darah

Untuk menghindari hal yang tidak di inginkan maka hendaknya lakukan cek tekanan darah secara rutin sejak usia menginjak 30 tahun ke atas. Jika anda mempunyai riwayat keluarga yang terkena hipertensi maka anda harus lebih waspada dan memeriksakan diri lebih dini.

Baca Juga  Beberapa Tips Diet Yang Sudah Tidak Relevan Lagi

Artikel Terkait : Dampak Negatif Wanita Yang Mudah Marah di Tempat Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *