Mitos Yang Salah Tentang Tidur Siang

header niko 728 x 90

tidur siang sejenak

InspirasiBersama.com – Sekarang ini sudah banyak orang yang mengakui tentang fakta tidur siang terhadap kesehatan. Dengan melakukan tidur sejenak saat siang hari kita bisa mengembalikan suasana hati menjadi lebih fresh. Selain itu bisa mengembalikan stamina yang lelah akibat rutinitas pekerjaan. Dahulu banyak orang menganggap mitos yang salah tentang tidur siang, diantaranya :

1. Tidur siang hanya untuk pemalas dan anak balita

Berdasarkan sebuah data dari LiveScience mengatakan bahwa hampir sepertiga orang dewasa yang tinggal di Amerika melakukan rutinitas tidur siang. Mereka menganggap dengan melakukan tidur siang dapat meningkatkan kreativitas dan kewaspadaan seseorang. Ini bukan berarti mereka yang melakukan tidur siang adalah orang yang malas.

2. Bangun tidur siang bisa membuat pusing

Baca Juga  Manfaat Tidak Melewatkan Waktu Makan Bisa Membuat Kita Langsing

Ada banyak orang yang menganggap bahwa setelah melakukan tidur siang malah menimbulkan kepala pusing. Kenyataannya tidak semua orang mengalami hal ini. Kemungkinan yang menyebabkan kepala kita pusing adalah karena durasi tidur siang kita.

Menurut para pakar tidur sepakat bahwa durasi yang dianjurkan untuk tidur siang adalah tidak boleh lebih dari 30 menit. Apabila kita melakukannya lebih kemungkinan besar kita akan mengalami badan lemas dan kepala menjadi pusing.

3. Tidak boleh tidur siang di kantor

Banyak orang yang menganggap tidur siang di meja kantor akan membuat masalah besar bagi kita jika ketahuan atasan kita. Padahal kita penting sekali untuk sekedar memejamkan mata saat bekerja pada siang hari.

Bahkan banyak perusahaan ternama yang menyediakan ruangan khusus bagi pekerjaannya untuk melakukan istirahat sejenak. Mereka mengerti bahwa dengan melakukan istirahat sejenak para pekerja akan bisa meningkatkan produktifitasnya selama bekerja.

Baca Juga  Banyak Bakteri Yang Sudah Kebal Antibiotik

Jika dalam lingkungan kerja anda saat ini tidak memberikan fasilitas tempat tidur, maka anda bisa mencari tempat saat jam istirahat hanya untuk sekedar memejamkan mata anda sejenak untuk memulihkan stamina dan konsentrasi anda.
4. Minum kopi sebelum tidur siang akan membuat tubuh tetap terjaga

Anda bisa mencoba minum kopi sebelum anda tidur saat siang hari. Saat anda minum kopi kemudian tidur, maka 30 menit kemudian kafein dari kopi akan memberikan efek positif saat kita bangun menjadi lebih semangat dan segar.

5. Menuntaskan pekerjaan jauh lebih produktif dari pada tidur

Baca Juga  Manfaat Black Garlic Untuk Mencegah Kanker

Banyak orang yang keliru lebih mendahulukan pekerjaan agar tuntas sehingga melupakan tidur siang. Ini boleh-boleh saja anda lakukan. Tetapi berdasarkan sebuah penelitian, mereka yang menyempatkan tidur siang sejenak saat bekerja akan bisa meningkatkan peoduktifitasnya setelah bangun tidur. Yang perlu anda perhatikan hanya durasi tidur saja yaitu 30 menit cukup jangan lebih.

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Siang Bagi Ketajaman Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *