Mitos Yang Salah Tentang Metode Kontrasepsi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat ini banyak orang yang menganggap salah tentang kontrasepsi. Banyak diantara kita yang menganggap kalau memilih menggunakan metode kontrasepsi akan menyebabkan banyak resiko penyakit termasuk kanker. Hal inilah yang perlu diluruskan dan menyikapi mitos yang salah tentang metode kontrasepsi.

 

Saat kita berbicara tentang seks, maka kebanyakan orang mendapatkan informasi tersebut dari orang lain atau ‘katanya’. Inilah fakta yang terjadi disekitar kita. Apalagi bagi seorang remaja kebanyakan mencari tahu sendiri tentang kesehatan seks dari orang lain, internet atau kata teman mereka. Hal inilah yang membuat banyak mitos yang beredar tentang kontrasepsi.

dampak-buruk-kontrasepsi

sumber gambar : lifestyle.sindonews.com

Bukan hanya itu saja, peran orang tua dalam melakukan pendidikan seks kepada anak juga terbilang sangat rendah. Masih banyak para orang tua yang merasa tabuh untuk menginformasikan seputar seks kepada anak mereka. Inilah yang menjadi salah satu penyebab banyaknya anak muda yang kurang mengerti tentang informasi seks dan kontrasepsi.

Baca Juga  Tips Langsing Unik Dengan Cara Makan Depan Cermin

 

Sekarang ini sudah banyak hasil studi yang membahas tentang seks dan metode kontrasepsi. Ini artinya pengetahuan tentang seputar kesehatan seks akan terus mengalami perbaruan. Namun banyak diantara kita menyakini informasi yang sejak dulu beredar misalnya kontrasepsi yang menyebabkan resiko kanker.

 

Jika kita membahas tentang metode kontrasepsi, maka ada banyak pilihan yang kontrasepsi yang bersifat hormonal. Namun meskipun sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau kontrasepsi hormonal tidak menyebabkan meningkatnya resiko kanker, masih banyak orang yang menganggap kontrasepsi hormonal erat kaitannya dengan resiko kanker.

Baca Juga  Hal-hal Yang Bisa Memicu Tumbuhnya Jerawat di Punggung

Baca Juga : Penyebab Kontrasepsi Bisa Mempengaruhi Libido Wanita

 

Apakah saat ini anda menganggap kalau mengkonsumsi pil kontrasepsi yang rendah estrogen bisa memicu kanker payudara ? Menurut seorang pakar ginekologi dunia yang bernama Collen Krajewski, M.D hal itu tidak ada hubungan.

 

Menurutnya justru dengan menggunakan kontrasepsi bisa menghindarkan wanita dari resiko beberapa jenis kanker termasuk kanker ovarium. Bahkan prosentasenya bisa sampai 50 persen. Selain hal itu, wanita yang memilih menggunakan kontrasepsi orak juga memiliki resiko kanker usus yang lebih kecil.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Jika Tubuh Kita Kekurangan Zinc ?

 

Untuk memilih jenis kontrasepsi yang sesuai dengan kondisi tubuh anda, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Dengan begitu anda bisa menentukan jenis kontrasepsi yang pas dengan kondisi anda.

Artikel Terkait : Apa Tandanya Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *