Mitos Yang Membuat Wanita Enggan Memakai Kontrasepsi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tak bisa ditutupi kalau masih banyak wanita yang beranggapan miring tentang efek menggunakan kontrasepsi. Banyak diantara mereka beranggapan miring tentang efek samping dan keamanan kesehatan menggunakan kontrasepsi.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa ada sebuah mitos yang salah tentang penggunaan kontrasepsi hormonal. Kebanyakan wanita yang tak menggunakan kontrasepsi beranggapan bahwa kontrasepsi hormonal akan berdampak meningkatnya berat badan atau kegemukan.

sumber gambar : kompas.com

Menurut para pakar bahwa KB hormonal bisa menyebabkan kegemukan merupakan sebuah mitos yang salah. Memang KB hormonal akan mempengaruhi hormonal seorang wanita, namun tidak benar kalau menyebabkan kegemukan.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Manusia Jika Kurang Tidur ?

Baca Juga : Mitos Yang Salah Tentang Metode Kontrasepsi

Mitos selanjutnya adalah tentang penggunaan kontrasepsi IUD atau spiral. Banyak wanita yang beranggapan bahwa memakai KB IUD atu spiral akan bisa menyebabkan masuk ke dalam bagian tubuh lebih dalam lagi. Banyak yang beranggapan bisa sampai masuk panggul. Padahal menurut para pakar kesehatan hal ini hanyalah mitos.

Anggapan yang salah ini juga terjadi baik wanita yang tinggal di desa maupun di kota. Mereka biasanya beranggapan seperti itu berasal dari ‘katanya’. Oleh karena itu mereka takut menggunakan kontrasepsi.

Baca Juga  Apa Yang Paling ditakutkan Pria Tentang Hubungan Seks ?

Menggunakan kontrasepsi tidak menyebabkan kita kegemukan atau efek samping kesehatan seperti yang kebanyakan wanita kira. Ada beberapa jenis kontrasepsi yang bisa dipilih oleh seorang wanita agar sesuai dengan kondisi kesehatan. Untuk menentukan jenis kontrasepsi yang tepat, anda bisa konsultasi langsung ke dokter atau bidan.

Bagi anda yang ingin merencanakan atau menunda kehamilan, maka menggunakan kontrasepsi adalah cara yang paling efektif untuk dilakukan. Untuk bisa memberikan hasil yang maksimal, maka disarankan untuk menggunakan kontrasepsi sesuai dengan prosedur yang ditentukan dokter. Setiap metode kontrasepsi mempunyai prosedur atau ketentuan yang berbeda yang harus dilakukan.

Baca Juga  Pengen Tahu Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan ?

Artikel Terkait : Tanda Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *