Minum Terlalu Banyak Juga Tidak Baik Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Air putih memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh. Namun jika kita terlalu banyak mengkonsumsinya, maka bisa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini juga dibenarkan oleh para ahli kesehatan Inggris terkait dengan munculnya kasus wanita yang mengalami intoksikasi air.

Awalnya wanita 59 tahun tersebut mengalami suatu infeksi saluran kencing. Kemudian dia mengkonsumsi air putih sebanyak 250 ml pada setiap setengah jam. Wanita tersebut berharap dengan banyak minum, maka bisa membantu membersihkan infeksi pada saluran kencingnya.

sumber gambar : metrotvnews.com

Karena kebiasaan ini, maka wanita tersebut akhirnya dirawat di sebuah rumah sakit yang bernama King’s College Hospital. Diketahui bahwa wanita tersebut mengalami banyak kehilangan garam yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga  Penyebab Kebanyakan Anak Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

Setelah dilakukan anamnese oleh tim dokter, diketahui bahwa wanita tersebut terlalu banyak mengkonsumsi air yang mencapai 250 ml dalam setiap setengah jam. Ini termasuk jumlah yang sangat berlebihan.

Baca Juga : Bagaimana Pola Minum Yang Benar Menurut Kesehatan ?

Wanita tersebut mengalami suatu rasa mula, muntah,dan nyeri kepala. Bahkan dalam kasus yang berat pasien bisa mengalami kejang, koma dan bahkan kematian.

Diketahui bahwa wanita tersebut mengalami hiponatremi atau kekurangan kadar garam dalam tubuh. Kondisi ini bisa jadi berbahaya bagi kesehatan tubuh dan juga potensial menyebabkan resiko kematian sampai 30 persen.

Baca Juga  Apa Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Susu Kunyit ?

Minum air yang cukup memang sangat disarankan oleh pakar kesehatan. Jangan sampai tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika anda mengalami dehidrasi, maka boleh mengkonsumsi air dalam jumlah banyak untuk merehidrasi.

Berbicara tentang kebutuhan cairan tubuh dalam sehari, setidaknya kita disarankan untuk minum 8 gelas perhari atau sebanyak 2 – 2,5 liter dalam sehari. Namun patokan tersebut bisa lebih tergantung aktivitas yang kita lakukan. Kalau kita bekerja dalam kondisi yang panas dan terus mengeluarkan keringat, maka jumlah tersebut masih kurang.

Belajar dari kisah ini, jika anda mengalami penyakit tertentu sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter bagaimana dengan pola minum yang dibolehkan. Tidak semua penyakit membolehkan untuk banyak minum. Bahkan pada jenis penyakit tertentu kita tidak boleh banyak minum alias harus membatasi konsumsi air.

Baca Juga  Punya Kebiasaan Makan Cepat ? Waspada Kegemukan

Artikel Terkait : Jika Sering Nyeri Pinggang, Coba Minum Air Lebih Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *