Merokok Dapat Memperburuk Kondisi Diabetes

header niko 728 x 90

bahaya merokok

Artikel kali ini akan membahas tentang bahaya merokok dapat memperburuk kondisi diabetes. Orang yang menderita penyakit diabetes sangat rentan untuk terjadinya komplikasi penyakit yang berbahaya. Dan tahukah anda jika anda seorang penderita diabetes dan masih melakukan kebiasaan merokok, maka akan mempercepat timbulnya komplikasi dan bisa membuat kondisi semakin buruk.

Menurut Agung Pranoto seorang Ketua Pengurus Besar Persatuan Diabetes Indonesia ( PB Persaida ) mengatakan bahwa merokok merupakan penyebab utama rusaknya pembuluh darah yang sangat beresiko menimbulkan penyakit jantung koroner dan stroke.

Baca Juga  Adakah Resiko Jika Menerima Sperma Donor ?

Menurut Agung, orang yang menderita diabetes itu sudah mengalami kerusakan pembuluh darah, apalagi jika masih mempunyai kebiasaan merokok.

Dampak lain dari perilaku merokok adalah bisa merusak saraf tubuh kita sehingga fungsi saraf sensori kita kan mati. Hal ini akan sangat berbahaya jika pasien diabetes masih saja merokok akan bisa memperburuk komplikasi misalnya penyakit jantung.

Baca Juga  Beberapa Obat Yang Harus Anda Hindari Saat Perut Kosong

Menurut Agung, orang normal / tidak mempunyai penyakit diabetes saat terkena serangan jantung maka akan timbul nyeri pada dada yang menjalar. Tetapi pada orang yang menderita diabetes, maka saat ada serangan jantung maka nyeri pada area dada akan hilang karena rusaknya saraf sensori akibat kebiasaan merokok.

Mengingat bahaya merokok bagi kesehatan dan penderita diabetes, maka sangat disarankan anda untuk menghindari kebiasaan merokok. Juga sangat disarankan untuk melakukan pencegahan penyakit diabetes dengan melakukan olahraga secara teratur serta makan dalam jumlah yang wajar.

Baca Juga  Penyebab Telinga Terasa Sakit Setelah Berenang

 

Artikel Terkait : Bahaya Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *