Merasa Sering Lapar Bisa Jadi Tanda Gejala Diabetes

header niko 728 x 90

sering lapar

InspirasiBersama.com – Secara alami saat tubuh kita kekurangan asupan kalori akan merasa lapar dan mendorong kita untuk makan. Ini menjadi hal yang wajar terjadi. Namun jika ternyata kita sering mengalami lapar meskipun sudah makan, maka kita harus waspada karena itu bisa jadi gejala diabetes.

Salah satu dari tiga gejala diabetes adalah merasa lapar yang berlebihan atau disebut dengan polyphagia. Seseorang yang mengalami diabetes akan ada banyak tumpukan gula dalam tubuhnya yang disebabkan karena tidak mampunya insulin dalam menstabilkan gula dalam darah. Hal inilah yang memicu rasa lapar yang berlebihan.

Dalam tubuh kita, insulin sangat berperan dalam merubah glukosa atau gula menjadi sebuah energi. Karena ketidakmampuan itu, maka otak kita terus memberikan sinyal lapar sehingga kita didorong untuk terus makan.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Mata Menjadi Berkantung

Bagi anda yang sering merasakan gejala rasa lapar yang tidak hilang meskipun sudah makan, maka harus waspada diabetes. Kita tahu bahwa tiga gejala khas penyakit diabetes selain sering kencing, sering haus, dan yang terakhir adalah sering merasa lapar walaupun sudah makan banyak.

Bila ternyata anda merasakan beberapa gejala tersebut, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter dan melakukan cek kadar gula darah. Kondisi yang sering lapar membutuhkan penanganan khusus berupa pola diet yang tepat untuk menghindari kadar gula darah yang terlalu tinggi.
Untuk pola makan seseorang yang mengalami diabetes, biasanya seorang dokter menyarankan untuk makan lebih sering namun dengan porsi yang kecil.

Baca Juga  Apakah Benar Air Kelapa Bisa Bermanfaat Melancarkan Persalinan ?

 

Selain pola makan seperti itu, disarankan juga untuk melakukan makan sebelum tubuh merasa lapar. Hal ini disebabkan karena kondisi lapar bagi penderita diabetes bisa mempengaruhi kondisi tubuh karena turunnya kadar gula darah.

 

Tahukah kita bahwa meskipun penyakit diabetes tergolong penyakit yang gejalanya bisa dikenali, namun kenyataannya banyak orang yang tidak sadar menderita diabetes. Hal inilah yang membuat kasus diabetes selalu naik angkanya.

Baca Juga  Beberapa Kondisi yang Bisa Membuat Lidah Menjadi Ungu

Padahal untuk mendeteksi gejala diabetes cukup mudah. Kita hanya disarankan untuk rutin melakukan cek kadar gula darah secara periodik. Apabila ternyata kadar gula darah puasa kita melebihi 126 mg/dl, maka kita harus waspada gejala diabetes.

Artikel Terkait : Inilah Tanda Kalau Gula Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *