Menyikapi Berat Badan Yang Berfluktuasi Dalam Waktu Yang Singkat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita, melihat berat badan yang mengalami fluktuasi membuat kita khawatir. Terkadang kita menimbang berat badan meningkat sampai satu kilo pada siang hari, namun pada malam hari kondisi ini kembali turun. Apakah kondisi ini masih aman bagi kesehatan ?

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa fluktuasi berat badan dalam kurun waktu yang singkat, lebih disebabkan karena faktor cairan dalam tubuh. Artinya kegiatan seperti makan, minum, olahraga dan buang air kecil bisa berpengaruh pada berat badan yang fluktuasi. Semakin banyak jumlah cairan yang kita konsumsi, maka secara normal berat badan akan mengalami peningkatan.

sumber gambar : Liputan6.com

Ada beberapa jenis makanan yang bersifat retensi terhadap air dalam tubuh kita misalnya karbohidrat dan tinggi kandungan garam. Jika kita banyak mengkonsumsi jenis makanan tersebut, maka terjadi peningkatan berat badan karena adanya retensi pembuangan cairan dalam tubuh. Sebaliknya jika kita banyak melakukan olahraga, maka kegiatan ini membuat banyak pengeluaran cairan dalam tubuh yang bisa memicu penurunan berat badan.

Baca Juga  Bumbu Masakan Yang Mempunyai Rasa Pedas dan Membuat Panjang Umur

Baca Juga : Mengapa Berat Badan Bisa Turun Dengan Drastis ?

Jadi apabila anda mendapati berat badan yang fluktuasi dalam kurun waktu yang singkat, maka tidak usa khawatir. Hal ini terbilang normal karena sangat erat kaitannya dengan pola makan dan aktivitas yang kita lakukan.

Biasanya jika anda mengalami kenaikan berat badan dalam beberapa hari, maka cukup dengan banyak melakukan aktivitas atau berolahraga akan membuat banyak cairan keluar dari tubuh yang membuat berat badan kembali turun. Jadi anda tidak perlu khawatir. Selain itu anda juga harus memperhatikan menu makanan. Hindari terlalu banyak konsumsi karbohidrat dan makanan yang kaya kandungan garam.

Baca Juga  Apakah Benar Minuman Ringan Yang Berlabel Sehat Menyehatkan ?

Apabila ternyata kenaikan berat badan tidak juga turun setelah anda melakukan rutinitas olahraga. Kondisi ini bisa berlangsung selama satu minggu ke depan. Maka jika demikian, anda harus memikirkan tentang gaya hidup yang anda lakukan. Ubah gaya hidup anda dengan lebih sehat.

Misalnya saja anda ternyata mempunyai kebiasaan suka mengkonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol bisa memicu kenaikan berat badan karena memicu rasa lapar yang berlebih sehingga membuat kita lebih banyak mengasup makanan.

Jadi kesimpulannya adalah apabila anda mengalami fluktuasi berat badan dalam kurun waktu yang relatif singkat, maka jangan terlalu takut. Kenaikan berat badan satu sampai dua kilogram dalam kurun waktu satu sampai dua hari masih terbilang normal yang disebabkan karena pengaruh pola makan. Anda hanya cukup melakukan lebih banyak olahraga untuk kembali menurunkan kandungan cairan dalam tubuh sehingga membuat berat badan kembali normal. Apabila hal ini tidak berhasil selama seminggu, maka pertimbangkan untuk merubah gaya hidup yang lebih sehat.

Baca Juga  Kacang Rebus Bisa Menjadi Solusi Bagi Anak Yang Alergi

Artikel Terkait : Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Kita Gemuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *