Menu Sarapan Yang Tidak Sehat Bagi Tubuh Kita

header niko 728 x 90

menu sarapan yang tidak sehat

Sarapan merupakan kegiatan yang sangat penting. Dengan kita melakukan sarapan maka akan bisa meningkatkan semangat kita saat aktivitas pagi dimulai. Banyak orang yang menganggap sepele tentang sarapan, padahal banyak sekali manfaat yang diperoleh dari sarapan termasuk secara fisiologis dan psikologis. Namun tidak semua makanan baik untuk sarapan, ada beberapa menu makanan yang tidak bagus untuk kita konsumsi saat sarapan.

Sarapan pada pagi hari bagaikan kendaraan bermotor yang diisi dengan bahan bakar. Tanpa adanya bahan bakar tentu kendaraan bermotor tidak akan bisa bergerak. Sama halnya dengan tubuh kita. Saat pagi hari kita melakukan sarapan, maka akan ada suntikan energi bagi tubuh untuk bisa beraktivitas. Selain itu dengan sarapan pagi juga terbukti mampu menurunkan angka obesitas pada seseorang.

Baca Juga  Benarkah Hepatitis Menjadi Virus Yang Paling Mematikan ?

Lantas menu makanan apa yang baik untuk kita santap saat sarapan ? tentunya menu makanan yang mengandung karbohidrat dan protein. Karbihidrat memberikan suntikan tenaga bagi tubuh untuk bergerak beraktivitas. Sedangkan protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh kita yang rusak.

Berikut ada beberapa menu sarapan pagi hari yang baik untuk kita konsumsi, diantaranya :

Menu sarapan yang baik:

1.     Banyak sekali manfaat dari oatmeal. Oatmeal banyak mengandung serat yang sangat bagus bagi tubuh kita untuk kesehatan pencernaan. Selain itu oatmeal juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

2.     Menu yang satu ini juga sangat bagus dikonsumsi saat sarapan. Tetapi dalam konsumsi sereal kita harus memperhatikan perbandingan karbohidrat dan gulanya. Normalnya 4:1 (24 gram karbohidrat : 6 gram gula ).

Baca Juga  Tips Menjaga Kesehatan Mata Ditengah Ketergantungan Terhadap Ponsel

3.     Telur kaya akan proteindan omega-3. Maka telur menjadi menu sarapan pagi yang sehat yang bisa kita lakukan.

4.     Minuman yang satu ini kaya akan kandungan kalsium yang sangat bagus bagi kesehatan tulang dan gigi kita. Anda bisa melakukan sarapan dengan menu susu tetapi sangat disarankan untuk menggunakan susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah.

 

Menu sarapan yang buruk:

1.     Sereal juga bisa tidak bagus untuk kita gunakan sebagai menu sarapan jika mengandung banyak pewarna buatan, banyak mengandung gula dan lemak. Kita harus menghindari sereal yang banyak mengandung bahan tadi.

Baca Juga  Benarkah Banyak Konsumsi Gula Bisa Memicu Munculnya Kanker ?

2.     Jenis jus yang tidak disarankan untuk digunakan saat sarapan adalah jus dalam bentuk kemasan. Karena biasanya banyak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Apabila kita mengkonsumsinya maka akan menimbulkan rasa haus lapar. Sangat disarankan apabila anda ingin menjadikan jus sebagai menu sarapan anda, maka gunakan jus buah segar alami.

Sumber : intisari online

 

Artikel Terkait : Menu Diet sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *