Menjelang Menstruasi Wanita Akan Lebih Mudah Capek dan Sensi, Kenapa Begitu?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Setiap wanita yang sudah menginjak usia remaja pasti akan mengalami yang namanya menstruasi. Lazimnya hampir setiap wanita saat mendekati waktu menstruasinya tiba pasti akan jadi lebih sensitif,dan mudah merasa capek.

 

sumber gambar : Satujam

Gejala-gejala yang sering dirasakan wanita ketika menjelang menstruasi biasa di sebut dengan sindrom pra-menstruasi. Tahukah anda ternyata sindrom pra-menstruasi itu memang banyak dialami oleh wanita, dan sindrom pra-menstruasi ada penjelasan medisnya.

Menurut pakar kesehatan menjelaskan, Menstruasi adalah proses alami yang akan terjadi di tubuh setiap wanita yang normal. Menstruasi yaitu proses keluarnya darah dari dalam rahim karena sel telur yang sudah matang yang tidak dibuahi sehingga menyebabkan dinding rahim luruh dan akan keluar menjadi darah.

Baca Juga  Kebiasaan Saat Mandi Yang Bisa Menyebabkan Kulit Iritasi

Saat seorang wanita mengalami menstruasi maka hormon estrogen dan prolaktin akan turun, namun hormon serotoninnya akan naik. Hormon estrogen dan prolaktin ialah merupakan dua hormon yang berperan terhadap pematangan sel telur dan ovulasi pada wanita. Maka jika dua hormon tersebut mengalami penurunan akan membuat hormon prostaglandin akan naik, hal ini yang akan menyebabkan dinding rahim mengalami kontraksi dan luruh.

Baca Juga  Mitos Yang Salah Tentang Tidur Siang

Dampak dari naiknya hormon prostaglandin yakni dapat membuat hormon endorfin mengalami penurunan. Hormon endorfin yaitu hormon yang berpengaruh terhadap perasaan seseorang, seperti perasaan senang, nyaman, tenang, dll.

Oleh karena itu, ketika menstruasi banyak wanita yang akan merasa tidak nyaman, sensitif, mudah marah, hal ini karena hormon endorfinnya melemah/turun. Terkadang juga wanita yang menstruasi akan merasakan nyerih karena dinding rahim luruh,

Baca Juga : Penyebab Nyeri Kepala Saat Haid

Turunnya hormon endorfin akan membuat hormon serotonin naik.Hormon serotonin ialah yang membuat perasaan nyaman dan senang pada seseorang. Naiknya hormon serotonin dapat membuat nafsu makan seseorang meningkat. Hal ini yang menyebabkan wanita yang sedang mengalami menstruasi akan mudah lapar sehingga banyak makan.
Artikel Terkait : Mengapa Saat Haid Nafsu Makan Wanita Meningkat ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *