Menjaga Kebarsihan Diri Menjadi Awal Hidup Sehat

header niko 728 x 90

menjaga kebersihan badan

InspirasiBersama.comMenjaga kebersihan diri menjadi awal hidup yang sehat. Dengan menjaga kebersihan diri, maka kita mencegah penularan penyakit berupa bakteri dan virus yang bisa masuk pada tubuh kita. Menjaga kebersihan diri bisa berupa rajin mencuci tangan, mandi sedikitnya dua kali sehari dan rajin sikat gigi. Disamping bermanfaat bagi kesehatan, menjaga kebersihan diri juga sangat bagus bagi kesehatan mental.

Menurut salah seorang dokter pengobatan integratif dari Illinois yang bernama Donald Novey, MD mengatakan dengan teratur menjaga kebersihan diri maka dampaknya akan sangat bagus bagi kesehatan sehingga membuat kita menjadi sehat dan nyaman.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian bagi mereka yang jarang menjaga kebersihan diri seperti rambut kotor, pakaian yang kotor dan bau, bau mulut, bau badan, gigi yang kotor maka dalam kehidupan sehari-hari akan banyak dijauhi oleh orang lain.

Berikut cara menjaga kebersihan diri agar badan tetap sehat :

 

1. Mandi dan keramas dengan teratur

Sebagai orang Indonesia yang mempunyai iklim tropis, maka berkeringat menjadi hal yang setiap hari kita alami. Untuk menjaga kebersihan badan dan menjaga bau badan yang tidak sedap maka disarankan untuk mandi dua kali sehari disertai dengan keramas.

Baca Juga  Alasan Kulkas Menjadi Tempat Menyimpan Makanan Yang Paling Baik

Gunakan sabun dan shampo saat anda mandi. Dengan menggunakan sabun mandi maka bakteri yang menempel pada tubuh akan bisa mati. Bagi anda yang mempunyai rambut berminyak, maka anda bisa melakukan keramas dua kali sehari. Bagi yang mempunyai rambut yang normal maka bisa dilakukan dua hari sekali.

 

2. Gunting kuku

Memotong kuku menjadi salah satu bentuk menjaga kebersihan diri. Hal ini dikarenakan kalau kuku kita dalam keadaan panjang maka akan beresiko menjadi sarang bakteri yang bisa sewaktu-waktu masuk saat kita makan dan menimbulkan penyakit. Dengan kuku yang bersih maka akan dapat mengurangi penyebaran bakteri yang masuk lewat makanan saat kita makan.

 

3. Sikat gigi

Gigi yang sehat menjadi salah satu indikator kesehatan. Anda harus rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari dan ditambah sebelum anda tidur. Sebenarnya idealnya sikat gigi dilakukan sesudah kita makan agar sisa-sisa makanan tidak menempel pada gigi kita yang bisa membuat gigi kita banyak bakteri dan menimbulkan penyakit gigi. Bahkan bakteri yang ada pada mulut juga bisa berpengaruh pada kesehatan jantung.

Baca Juga  Tidak disarankan Menggunakan Losion Bersamaan Dengan Parfum

Saat kita malas melakukan gosok gigi, maka akan membuat gigi kita menjadi sakit dan rusak. Dengan gigi yang rusak dan sakit maka kita akan mengalami masalah saat mengunyah makanan. Jika anda mengalami hal ini maka anda bisa menggunakan cairan antiseptik untuk berkumur setelah melakukan sikat gigi.

 

4. Cuci tangan

Cuci tangan menjadi awal yang sangat penting untuk memotong rantai penularan bakteri dan virus yang berbahaya bagi kesehatan. Lakukan cuci tangan sesering mungkin saat anda kontak dengan sesuatu yang kotor misalnya saat mau makan, habis dari toilet, memegang hewan, memegang uang dab berinteraksi dengan orang lain. Anda bisa melakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Apabila tidak terdapat air yang mengalir anda bisa menggunakan cairan antiseptik.

Baca Juga  6 Tips Mengurangi Asupan Garam Agar Tekanan Darah Lebih Stabil

 

5. Tidur cukup dan nyenyak

Kualitas tidur sangat menentukan kesehatan seseorang. Dengan tidur selama 7-9 jam pada malam hari, maka akan membuat badan kita menjadi segar dan memperkuat sistem imun tubuh.

Saat seseorang mengalami kurang tidur maka akan gampang untuk mengalami depresi dan stres. Orang mengalami stres akan cenderung tidak menjaga kebersihan diri dengan baik. Untuk itu menjaga tidur yang cukup sangatlah penting.

 

Artikel Terkait : Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *