Meningkatnya Nafsu Makan Bisa Juga Disebabkan Kurang Tidur

header niko 728 x 90

kurang tidur bisa menyebabkan banyak makan

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang yang sangat memperhatikan penampilan fisik, nafsu makan yang berlebih bisa menjadi musuh besar yang harus diperangi. Jika hal ini tidak dapat dikendalikan maka akan bisa membuat tubuh menjadi obesitas dan kehilangan pekerjaan kita. Tahukah kita berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa nafsu makan yang berlebih bisa terjadi karena kita kurang tidur pada malam hari.

Saat seseorang merasa kurang tidur pada malam hari, maka akan merangsang tubuh kita untuk memproduksi hormon yang bernama ghrelin. Peningkatan hormon ini bisa meningkatkan nafsu makan kita dengan cara memberikan sinyal lapar kepada otak. Untuk itu bagi anda yang saat ini menjalani suatu program diet, maka tidur malam yang cukup adalah sebuah keharusan yang harus anda lakukan. Bahkan menurut seorang profesor Marie-Pierre St-Onge yang berasal dari Universitas Columbia mengatakan kualitas tidur pada malam hari sangat mennetukan keberhasilan diet seseorang.

Baca Juga  4 Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh Meredakan Sakit Gigi

Dengan demikian para peneliti sepakat bahwa orang yang kurang tidur pada malam hari akan meningkatkan resiko kenaikan berat badan sehingga membuat tubuh menjadi obesitas.

Bahkan sebuah studi lain menyebutkan bahwa bagi mereka yang suka makan berlemak dan manis-manis maka akan memiliki kualitas tidur yang jelek pada malam harinya. Sebaliknya bagi mereka yang tidak suka konsumsi makanan tinggi lemak maka akan mempunyai kualitas tidur yang baik pada malam harinya.

Baca Juga  Tips Membuat Ketiak yang Hitam Menjadi Lebih Cerah dengan Bahan Alami

Dengan pola tidur yang buruk dan mendorong pula pada buruknya pola makan akan berakibat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes, kardiovaskuler dan hipertensi.

Dari kesimpulan penelitian ini adalah sangat penting untuk menjaga kualitas tidur seseorang pada malam hari. Dengan kualitas tidur yang terjaga dengan baik maka seseorang akan bisa menerapkan pola gaya hidup yang sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit mulai dari diabetes, kardiovaskuler dan hipertensi.

Baca Juga  Ternyata Memeluk Anak Mempunyai Manfaat Yang Besar Bagi Kesehatan

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *