Mengupas Tentang Manfaat dan Kekurangan Kelapa Sawit Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

minyak kelapa sawit

InspirasiBersama.com – Kalau kita membahas tentang manfaat dan kekurangan kelapa sawit bagi kesehatan, maka tidak lepas dari kegiatan memasak bagi para wanita. Minyak kelapa sawit bagi masyarakat Indonesia dikenal sebagai bahan untuk menggoreng aneka makanan. Ada banyak manfaat dari minyak kelapa sawit bagi kehidupan manusia diantaranya untuk bahan kosmetik, pelumas, sabun, lilin dan tinta. Selain itu minyak kepala sawit juga banyak mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatana kita.

Kelebihan minyak kelapa sawit
Untuk manfaat dari minyak kelapa sawit, salah satunya adalah sangat berperan dalam menggoreng makanan. Selain itu ada banyak manfaat lain dari minyak kelapa sawit yang bisa kita manfaatkan bagi kesehatan.

Mengatasi kekurangan vitamin A

Bagi anda yang berusaha mencukupi kebutuhan asupan vitamin A, maka bisa menambahkan minyak kelapa sawit pada makanan. Hal ini dipercaya bisa mengurangi resiko kekurangan vitamin A. Namun yang harus anda perhatikan adalah dosisnya. Untuk dosis orang dewasa adalah maksimal 3 sendok perhari, sedangkan bagi anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun dosisnya hanya 2 sendok per hari. Sedangkan bagi wanita yang sedang hamil hanya dibolehkan maksimal 4 sendok per hari.

Baca Juga  Mengapa Saat Ejakulasi Tidak Mengeluarkan Sperma ?

Perlindungan otak

Beradasarkan sebuah hasil penelitian, ternyata kandungan vitamin E yang terdapat pada minyak kelapa sawit sangat bagus bagi perlindungan otak kita. Jenis vitamin E yang terkandung secara alami pada minyak kelapa sawit disebut dengan tocotrienol. Dengan konsumsi minyak sawit maka bisa mengurangi resiko masalah pada otak kita. Dengan otak yang sehat, maka akan menurunkan resiko penyakit stroke, alzheimer dan parkinson.

Kekurangan minyak kelapa sawit
Bukan hanya terkenal dengan manfaatnya saja, namun minyak kelapa sawit juga mempunyai kekurangan bagi kesehatan. Salah satunya adalah dianggap sebagi pemicu meningkatnya kolesterol dalam tubuh kita.

Baca Juga  Penyebab Sering Pusing Padahal Tidak Sedang Sakit

Penyakit jantung

Kita tadi sudah membahas bahwa minyak kelapa sawit banyak mengandung lemak jenuh dan lemak tak jenuh bagi kesehatan. Lemak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa sawit bisa menjadi pemicu meningkatnya kolesterol dalam darah kita. Jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh kita adalah kolesterol lemak jahat atau yang kita kenal dengan LDL. Jika dalam pembuluh darah terdapat banyak koolesterol jahat, maka akan membuat aliran darah menjadi terhambat sehingga menjadi pemicu terhadap munculnya penyakit jantung dan stroke.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada negara berkembang, ternyata sering konsumsi minyak kelapa sawit meningkatkan angka kematian seseorang akibat masalah pada jantung koroner.

 

Oleh karena itu para pakar kesehatan sangat menyarankan untuk selalu membatasi penggunaan minyak kelapa sawit. Hal ini sangat penting untuk menghindarkan kita dari peningkatan kadar kolesterol yang menjadi pemicu masalah pada jantung.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Insomnia Rentan Terhadap Berbagai Penyakit

Racun

Tahukah kita bahwa, minyak kelapa sawit yang sudah digunakan untuk menggoreng makanan ternyata emngandung akrolein yaitu zat racun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu sangat tidak disarankan menggunakan minyak kelapa sawit yang sudah pernah digunakan untuk menggoreng makanan.

Nah itulah manfaat dan kekurangan minyak kelapa sawit bagi kesehatan. Untuk itu kita harus memperhatikan pemakaian minyak kelapa sawit agar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Sumber : alodokter.com

Artikel Terkait : Bahaya Gorengan Terhadap Kesehatan Jantung dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *