Mengupas Penyebab Mulut Kering dan Bagaimana Cara Mengatasinya

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kebanyakan orang menganggap sepele saat terjadi mulut kering. Namun jika hal ini kita biarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih serius lagi. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui apa penyebab mulut kering dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Saat mulut kita terasa kering, maka secara alami produksi air liur dalam mulut akan menurun. Padahal air liur dalam mulut kita mempunyai banyak manfaat. Menurut salah seorang ahli mengatakan bahwa saat produksi air liur kita menurun dan menyebabkan mulut kering, maka bakteri akan sangat mudah untuk berkembang yang bisa berpotensi merusak gigi dan kesehatan mulut sendiri.

mulut-kering-3

sumber gambar : lifestyle.analisadaily.com

Terjadinya suatu peradangan atau gigi berlubang pada mulut jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan masalah serius. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan kalau kondisi ini bisa memicu munculnya penyakit jantung dan stroke.

 

Saat terjadi mulut yang kering, maka biasanya kita akan mengalami yang namanya gangguan dalam menelan, gangguan berbicara, mulut terasa kering dan terasa perih.

Baca Juga  Mengapa Saat Sakit Gigi Sering Menyebabkan Kepala Juga Ikut Sakit ?

Baca Juga : Jenis Makanan Yang Bisa Menyebabkan Bau Mulut

 

Berikut beberapa penyebab mengapa mulut kita bisa mengalami kering dan cara mengatasinya :

 

1. Obat-obatan

Penyebab pertama seseorang bisa mengalami mulut kering adalah karena faktor konsumsi obat-obatan. Obat-obatan yang dimaksud adalah kategori uberpopuler misalnya saja obat untuk pencernaan, penurun tekanan darah, dan beberapa jenis obat kejiwaan. Bahkan ada sekitar 600 jenis obat yang bisa menyebabkan efek samping mulut kering.

 

2. Penuaan

Penyebab kedua kondisi mulut yang kering adalah disebabkan karena penuaan. Artinya saat terjadi penuaan, maka secara alamiah produksi ludah yang dihasilkan oleh kelenjar ludah menjadi menurun. Hal inilah yang menyebabkan mulut kita terasa kering.

 

3. Dehidrasi

Penyebab selanjutnya yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah karena kondisi dehidrasi. Saat kita mengalami kekurangan asupan cairan, maka secara otomatis kelenjar ludah tidak mampu memproduksi air liur dengan baik hasilnya membuat mulut kita menjadi lebih kering.

Baca Juga  Bolehkah Wanita Hamil Naik Sepeda Motor ?

 

4. Masalah Pernapasan

Seseorang yang sering mengalami gangguan pernapasan misalnya saja sinus atau hidung tersumbat sering kali membuat kita harus bernapas lewat mulut. Kondisi ini bisa memicu mulut menjadi cepat kering.

 

5. Terapi Kanker

Bagi penderita kanker yang sudah mendapatkan terapi radiasi dan kemoterapi, biasanya mengalami efek samping yaitu mulut menjadi sering terasa kering. Ini menjadi salah satu efek samping dari sebuah radiasi atau kemoterapi.
Cara Mengobati Mulut Kering

Sesuai dengan penjelasan diatas, kebanyakan penyebab mulut yang kering adalah kondisi dehidrasi. Untuk mengatasinya tidak lain yaitu banyak mengkonsumsi air untuk mencegah agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

 

Apabila anda sudah mencoba dengan banyak minum air putih namun mulut tetap terasa kering, maka bisa mengatasinya dengan cara berkumur menggunakan obat kumur dan menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi.

Baca Juga  Apakah Kanker Prostat Bisa disebabkan Karena Adanya Riwayat Keluarga ?

 

Biasanya dalam sebuah pasta gigi mengandung sebuah zat yaitu fluoride yang bermanfaat untuk mencegah gigi kita tidak berlubang dan mencegah terjadinya pembusukan dalam mulut yang disebabkan karena mulut kering.

 

Bagi anda yang mengalami mulut kering yang disebabkan karena efek samping mengkonsumsi obat tertentu, maka sebaiknya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penjelasan dan obat pengganti agar tidak menyebabkan efek samping yang serupa.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Tidur Dengan Mulut Yang Terbuka Membuat Gigi Cepat Rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *