Mengupas Penyebab Kelelahan Pada Wanita Hamil

header niko 728 x 90

kelelahan pada ibu hamil

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita yang hamil, pasti pernah merasakan kelelahan. Bahkan kondisi ini sering kali dialami. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Apakah hal ini normal ?. Berikut penyebab kelelahan pada wanita yang sedang hamil.

Seorang wanita hamil terbilang normal jika sering merasakan kelelahan pada usia kehamilan sampai usia 12 minggu. Meskipun demikian, jika anda sering sekali mengalami kelelahan selama hamil maka bisa mempengaruhi kesehatan janin dan ibu sendiri. Untuk itu sangat penting seorang ibu hamil mengerti cara mencegah agar tidak sering mengalami kelelahan saat hamil.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil sering mengalami kelelahan. Salah satunya adalah disebabkan karena kurang waktu tidur. Seorang ibu hamil memerlukan waktu istirahat yang cukup sekitar 10 sampai 12 jam. Jika kurang dari itu, maka saat bangun tidur akan menyebabkan seorang ibu hamil mengalami badan lemas tak berenergi dan bisa merubah keseimbangan hormon dalam tubuh.

Baca Juga  Dampak Buruk Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

Selain faktor waktu tidur yang kurang, gaya hidup yang terlalu banyak aktivitas fisik juga bisa membuat seorang ibu hamil menjadi lebih mudah mengalami kelelahan fisik. Untuk itu sangat tidak disarankan wanita hamil terlalu banyak melakukan aktivitas yang bisa membuat cepat lelah.

Baca Juga : Apakah Boleh Berenang Saat Hamil ?

Bukan berarti wanita hamil tidak boleh melakukan aktivitas fisik sama sekali. Wanita yang sedang hamil tetap disarankan untuk melakukan aktivitas fisik, namun hindari yang berlebihan yang memicu kelelahan fisik.

Baca Juga  Faktor Penyebab Datang Bulan Menjadi Terlambat

Untuk menghindari kelelahan bagi wanita hamil, maka lakukan tidur malam dalam waktu yang cukup sekitar 10 sampai 12 jam. Anda harus tidur lebih awal agar bisa mencapai waktu tidur yang disarankan. Selanjutnya adalah hindari melakukan terlalu banyak aktivitas yang bisa memicu kelelahan.

Yang terakhir adalah menjaga pola makan yang sehat dan bergizi. Perbanyak makan makanan yang banyak mengandung zat besi, mengurangi makanan manis, hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

Baca Juga  Beberapa Faktor Yang Bisa Menyebabkan Saraf Kejepit

Artikel Terkait : Bahaya Ibu Hamil Mengkonsumsi Pemanis Buatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *