Mengupas Manfaat Melakukan Puasa Bagi Wanita Hamil dan Menyusui

header niko 728 x 90

puasa saat hamil

InspirasiBersama.com – Mengupas manfaat melakukan puasa bagi wanita hamil dan menyusui. Dari segi agama memang dibolehkan bagi seorang wanita hamil dan menyusui untuk tidak puasa. Hal ini disebabkan karena pertimbangan janin atau bayi yang masih sangat membutuhkan ASI ibu yang sangat erat kaitannya dengan nutrisi yang dimakan oleh sang ibu.

Dari segi kesehatan memang pada saat seorang wanita hamil dan menyusui diharapkan tercukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin atau bayi mereka. Dengan nutrisi yang cukup, maka janin atau bayi mereka bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga  Sulit Menghindar dari Godaan Junk Food ? Lakukan Olahraga Ini !

Bukan berarti seorang wanita yang tetap menjalankan puasa meskipun dalam keadaan hamil atau menyusui tidak baik. Secara tidak langsung mereka mendidik anak untuk melakukan puasa sejak dini.

Saat seorang wanita yang sedang hamil melakukan puasa, maka akan memberikan pendidikan kepada janin untuk berpuasa. Sama halnya bagi seorang wanita yang sedang menyusui tetapi melakukan puasa juga mengajarkan kepada anak mereka untuk berpuasa.

Seorang janin atau bayi akan tetap bisa menyusui atau mendapatkan suplai makanan meskipun ibu sedang puasa. Hal ini disebabkan karena ibu tetap melakukan sahur yang artinya mengasup makanan yang cukup. Untuk itu bagi seorang ibu hamil dan menyusui yang melakukan puasa diharapkan memperhatikan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi baik pada saat sahur maupun berbuka puasa.

Baca Juga  Benarkah Anak Yang Tergolong Tinggi Juga Lebih Cerdas

Dengan demikian seorang janin atau anak akan tetap bisa mendapatkan susu atau nutrisi dari seorang ibu. Namun bagi anda yang takut akan kekurangan nutrisi bagi janin dan bayi anda, maka dibolehkan untuk tidak berpuasa meskipun puasa Ramadhan.

Artikel Terkait : Mempersiapkan Kesehatan Sebelum Menjalankan Puasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *