Mengupas Manfaat Mandi Malam Hari Sebelum Tidur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Selama ini banyak orang mendengar kalau mandi air hangat pada pagi hari bisa bermanfaat meningkatkan kreativitas dan membuat lebih bersemangat. Bagaimana dengan mandi malam hari sebelum tidur ?

 

Ternyata dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa mandi malam hari sebelum tidur mempunyai banyak manfaat kesehatan terutama bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Yang dimaksud dengan mandi malam sebelum tidur adalah bukan berarti dilakukan larut malam. Anda bisa mengatur jam tidur yang lebih awal sehingga mandi tidak dilakukan sampai larut malam.

Baca Juga  Dampak Buruk Suka Minum Kopi Instan Bagi Kesehatan

Baca Juga : Agar Terlihat Cantik, Lakukan Tidur Sebelum Jam 11 Malam

 

Penyebab mandi malam sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak adalah dikarenakan berhubungan dengan suhu tubuh yang ternyata mempunyai pengaruh yang besar terhadap ritme sirkadian tubuh. Secara normal tubuh akan mengalami kenaikan suhu pada siang hari.

 

Dengan melakukan mandi beberapa jam sebelum kita tidur, maka akan mengubah suhu tubuh kita menjadi lebih dingin yang memberikan sinyal alami kepada tubuh waktunya untuk istirahat. Dengan demikian akan memicu sinyal alami tubuh untuk melakukan tidur sehingga tidur terasa lebih nyenyak.

Baca Juga  Seorang Guru Luar Biasa di AS Hapuskan PR Dari Kelasnya

 

Menurut para peneliti menyebutkan bahwa disarankan untuk melakukan mandi 1,5 jam sebelum kita tidur pada malam hari. Dengan durasi yang cukup, maka akan membuat tubuh kita menjadi lebih sejuk, sudah kering dan siap untuk tidur cantik di tempat tidur.

 

Manfaat lain melakukan mandi sebelum tidur malam adalah bisa membersihkan kulit, mengurangi resiko keriput dan mencegah timbulnya jerawat. Dengan begitu kulit kita akan terlihat lebih cantik dan sehat.

Baca Juga  Beberapa Buah dan Sayur Yang Disarankan Dimakan Dengan Kulitnya

Artikel Terkait : Pengen Tahu Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *