Mengungkap Efek Samping Kerokan Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi orang Indonesia tentu tak asing lagi dengan yang namanya kerokan. Kebiasaan ini kerap dilakukan saat merasa kurang enak badan, capek-capek, migrain dan masuk angin. Benarkah kerokan mempunyai efek samping bagi kesehatan ?

sumber gambar : https://www.berkabar.id

Bagi mereka yang terbiasa dengan kerokan akan merasa lebih enakan setelah di kerok. Namun yang menjadi masalah adalah mayoritas masyarakat kita menggunakan uang logam saat kerokan. Hal ini dikarenakan uang logam bisa dengan mudah di dapat dan memberikan efek kemerahan pada kulit. Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa kerokan dengan menggunakan uang logam mempunyai efek samping bagi kesehatan.

Baca Juga  Tips Mengenali Kadar Kolesterol Yang Tinggi

Efeknya adalah kemerahan yang terjadi pada kulit bekas kerokan disebabkan karena melebarnya pembuluh darah kapiler akibat gesekan keras oleh benda padat seperti uang logam. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya perdarahan kecil yang banyak terdapat pada kulit.

Bukan hanya itu saja. Sering kali setelah kita melakukan kerokan merasakan rasa perih yang menandakan adanya luka akibat gesekan keras dengan uang logam. Padahal kita tahu bahwa uang logam beresiko besar terpapar banyak bakteri serta kuman yang bisa dengan mudah masuk pada kulit yang luka. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi penyakit tertentu.

Baca Juga  Manfaat Minum Air Alkalin Bagi Para Atlet

Artikel Terkait : Benarkah Masuk Angin Hanya Ada di Indonesia ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *