Mengukur Tingkat Keamanan Persalinan Dalam Air

header niko 728 x 90

persalinan dalam air

InspirasiBersama.com – Saat ini sering kita mendengar tentang tren melahirkan dalam air atau water birth. Melihat maraknya melahirkan dalam air seperti yang terjadi di Eropa, maka ada seorang wanita hamil yang berusia 27 tahun yang melakukan konsultasi kesehatan secara online. Wanita tersebut menanyakan tentang keamanan melakukan persalinan dalam air atau water birth.

Wanita tersebut saat ini sedang hamil dan ingin mempersiapkan masa lahiran yang aman. Untuk itu wanita 27 tahun ini menanyakan kepada salah seorang dokter spesialis kandungan tentang persalinan yang aman.

Baca Juga  Ketahui Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

Menyikapi pertanyaan wanita tersebut, ternyata dokter menjawab kalau melahirkan dalam air atau water birth masih belum familiar di Indonesia. Bahkan sebuah Perkumpulan Obstetri Ginekologi Indonesia (POGi) masih belum merekomendasikan untuk melahirkan dalam air atau water birth.

Kalau kita membaca literatur tentang melahirkan dalam air memang bisa membuat seorang wanita menjadi lebih rileks dan lancar. Hal ini disebabkan karena kondisi tersebut membuat otot panggul wanita menjadi lebih lentur.

Baca Juga  Tips Agar Tampil 10 Tahun Lebih Muda dari Usia 52 Tahun

Bukan hanya itu saja, berdasarkan literatur melahirkan dalam air juga akan membuat kondisi janin menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena dengan berada dalam air maka mengkondisikan seakan masih dalam lingkungan ketuban.

Meskipun demikian, di Indonesia belum merekomendasikan untuk melakukan persalinan dengan metode air atau water birth. Ada banyak faktor yang menyebabkan para dokter belum menyarankan persalinan jenis ini. Salah satunya adalah resiko kontaminasi air yang masih belum steril. Selain itu wanita Indonesia masih belum terbiasa melakukan olahraga saat hamil sehingga dinilai kurang cocok.

Baca Juga  Ternyata Sering Menunda Pekerjaan Mempunyai Efek Bagi Kesehatan

Artikel Terkait : Kelebihan dan Kekurangan Melakukan Persalinan Normal dan Caesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *