Mengukur Jumlah Kalori Yang Terbuang Saat Melakukan Olahraga Bersepeda

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak orang belum tahu kalau olahraga bersepeda cukup banyak membakar kalori. Meskipun anda cuman berkeliling sebentar sekitar kompleks, anda sudah membakar kalori dalam jumlah yang cukup besar.

Memang untuk menentukan besaran kalori yang dibakar tubuh saat bersepeda sangat tergantung dari beban kayuhan serta jarak tempuh. Semakin anda menginjak pedal dengan cepat, jalanan menanjak dan jarak tempuh yang relatif jauh, maka semakin besar pula kalori yang bisa terbakar.

sumber gambar : detikSEHAT.com

Berikut gambaran jumlah kalori yang bisa terbakar saat kita melakukan olahraga bersepeda yang berdasarkan hasil penelitian yang dilansir dalam Reader’s Digest :

Baca Juga  Kualitas Tidur Anda Akan Rusak Jika Melakukan 5 Hal Berikut Ini

Apabila kita bersepeda dengan kecepatan santai atau kurang dari 16 Km/jam, maka kalori yang bisa terbakar sebesar 272 kalori. Selanjutnya jika kita mampu bersepeda dengan kecepatan 16 sampai 19 Km/jam, maka jumlah kalori yang bisa kita bakar lebih besar yaitu 408 kalori. Jika kita menginginkan pembakaran kalori sebesar 680 kalori, maka usahakan bersepeda dengan kecepatan 22 sampai 30 Km/jam.

Baca Juga  Beberapa Manfaat Cranberry Bagi Keehatan Kulit dan Rambut

 

Pada intinya semakin kita mengayuh sepeda dengan lebih cepat dan jarak tempuh yang jauh, maka semakin besar pula besaran kalori yang terbakar. Namun bagi anda yang sebelumnya belum terbiasa berolahraga sepeda, sangat disarankan untuk memulai dengan santai dulu jangan lebih dari 30 menit.

Setelah anda bisa rutin bersepeda, maka boleh meningkatkan level dengan mengayuh lebih cepat dan jarak yang lebih jauh secara bertahap. Dengan begitu akan menghindarkan dari rasa capek yang berlebihan yang justru membuat daya tahan malah turun.

Baca Juga  Benarkah Rambut Yang Jarang dicuci Akan Lebih Mudah Panjang ?

Artikel Terkait : Tips Bersepeda Aman dan Sehat Pada Malam Hari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *