Mengkonsumsi Jamur Untuk Mencegah Alzheimer dan Demensia

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau mengkonsumsi jamur bisa mencegah dan melawan gangguan neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Hasil dari studi ini juga sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of Medical Food.

Penelitian tentang manfaat konsumsi jamur ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Malaya. Mereka menemukan sebuah senyawa pada jamur yang bisa bermanfaat mencegah timbulnya peradangan dan menstimulus tumbuhnya saraf otak. Dengan demikian, menurut para peneliti jamur bisa bermanfaat terhadap penyakit demensia dan Alzheimer.

sumber gambar : merdeka.com

Dengan kandungan senyawa anti-peradangan yang terdapat pada tanaman jamur, maka hal ini sangat bagus untuk mencegah timbulnya penyakit kronik yang erat kaitannya dengan faktor pertambahan usia.

Baca Juga  Demensia Bisa disebabkan Karena Kekurangan Vitamin D

Menurut seorang peneliti yang berasal dari University of Malaya yang ada di Malaysia yang bernama Vikineswary Sabaratnam mengatakan bahwa saat ini jenis obat yang ada untuk mengobati penyakit neurodegeneratif banyak menimbulkan berbagai efek samping. Oleh karena itu dinilai sangat penting untuk menemukan hal baru yang bisa menekan efek samping ini.

Penyakit degeneratif saraf seperti halnya demensia dan Alzheimer merupakan jenis penyakit yang pertumbuhannya cukup tinggi diseluruh dunia. Bahkan para pakar menyebutkan kalau prediksi jumlah penderita penyakit ini pada tahun 2020 kelak mencapai 42 juta kasus yang tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga  Apa Saja Manfaat Brokoli Selain Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Kanker ?

Sebenarnya mengkonsumsi jamur untuk tujuan kesehatan bukanlah hal yang baru. Sejak lama orang mempercayai kalau jamur mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan atau bahkan pengobatan. Dengan kandungan vitamin D yang tinggi pada tanaman jamur, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

Dengan manfaat anti-inflamasi atau peradangan yang terdapat pada jamur, maka bukan hanya bisa mencegah terhadap penyakit demensia dan Alzheimer saja. Banyak para pakar yang menyebutkan bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit stroke, gagal ginjal, asma dan rheumatoid arthritis.

Baca Juga : 3 Kebiasaan Yang Bisa Menghindarkan Kita Dari Alzheimer

Yang perlu digaris bawahi adalah tak semua jenis jamur bisa kita konsumsi. Ada beberapa jenis jamur yang justru bersifat racun jika kita konsumsi. Salah satu jenis jamur yang disarankan untuk dikonsumsi adalah jenis psilocybin.

Baca Juga  Gangguan Liver Bisa disebabkan Karena Suka Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Secara Umum Mengkonsumsi Jamur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *