Mengenali Penyakit Yang Tak Perlu Pengobatan Antibiotik

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Anda tentu pernah mendengar tentang resistensi terhadap penggunaan antibiotik. Inilah adalah kasus yang nyata dan banyak dialami oleh banyak orang yang disebabkan karena berlebihan atau tidak sesuai dalam menggunakan jenis obat antibiotik.

 

Ada banyak kebiasaan salah yang dilakukan banyak orang, misalnya konsumsi antibiotik saat sedang sakit flu, batuk, diare, muntah dan pilek. Padahal tahukah anda bahwa deretan penyakit tersebut tidak membutuhkan pengobatan antibiotik dalam menyembuhkannya.

sumber gambar : Tribunnews.com

Ada banyak faktor mengapa banyak orang menggunakan antibiotik secara tidak tepat atau berlebihan. Pertama bisa disebabkan karena dokter sendiri yang memberikan terapi antibiotik atau pasien yang meminta sendiri pada dokter untuk diberikan antibiotik dengan harapan agar sakit yang dideritanya cepat sembuh.

Baca Juga  Ternyata Mengalami Stres Ringan Bagus Untuk Kesehatan Otak

Baca Juga : Apa Bahayanya Jika Kita Mengkonsumsi Antibiotik ?

 

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa, jenis gejala penyakit seperti mual, muntah, flu, batuk, pilek dan diare yang tanpa darah adalah kebanyakan disebabkan karena virus dan bukan bakteri.

 

Karena disebabkan oleh virus, maka pengobatannya tidak perlu membutuhkan antibiotik. Padahal antibiotik diciptakan guna menyembuhkan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri.

Baca Juga  Cara Mengenali Anak Yang Memiliki Bakat Terpendam

 

Banyaknya pemberian resep dokter yang lebih banyak menyertakan antibiotik dibuktikan dalam sebuah data yang berasal dari WHO pada tahun 2005 menyebutkan bahwa hampir 50% resep di fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia mengandung unsur antibiotik.

 

Yang lebih parahnya lagi adalah berdasarkan sebuah Survei Nasional yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada tahun 2009 menyebutkan bahwa resep antibiotik yang banyak diberikan dokter justru diberikan kepada pasien yang disebabkan karena infeksi virus, sebagai contoh flu dan diare.

 

Baca Juga  Pentingnya Menggunakan Handuk Setelah Mencuci Wajah

Dampaknya adalah akan menyebabkan pasien mengalami resistensi terhadap antibiotik dalam jangka panjang. Jika mengalami resistensi, maka saat pasien tersebut sakit yang disebabkan karena infeksi bakteri, maka akan sulit disembuhkan.

Artikel Terkait : Efek Samping Pemberian Antibiotik Ternyata Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes Tipe 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *