Mengenali Gejala Awal Asma dan Pertolongan Pertama Yang Harus dilakukan

header niko 728 x 90

suffering from asthma

InspirasiBersama.com – Asma merupakan jenis penyakit pernapasan yang bisa muncul secara tiba-tiba. Serangan asma yang terjadi pada seseorang bisa terjadi kapan saja tanda mengenal waktu dan tempat. Asma tergolong penyakit yang mematikan jika tidak segera mendapatkan pertolongan. Untuk itu sangat perlu mengenali gejala wal asma dan mengetahui bagaimana cara pertolongan pertama yang harus dilakukan.

Mungkin diantara kita pernah menjumpai seorang teman atau orang lain yang yang mendapatkan serangan asma dalam tempat umum. Memang sangat disarankan untuk penderita asma selalu membawa obat pelega pernapasan untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu mendapatkan serangan asma. Namun terkadang yang namanya manusia sering kali lupa.

Sebenarnya penderita asma akan secara otomatis mengenali gejala awal kalau dia akan mendapatkan serangan asma. Untuk itu sangat disarankan untuk selalu membawa obat pelega pernapasan kemanapun pergi.

Baca Juga  Kabar Gembira, Radiasi Ponsel Tidak Menyebabkan Kanker Otak

Baca JUga : Makanan Yang Sangat Baik Bagi Penderita Asma

Beberapa gejala awal serangan asma yang biasanya terjadi adanya muncul rasa gatal pada tenggorokan, kemudian disertai dengan adanya nyeri pada dada dan disertai dengan batuk. Jika anda mendapati gejala awal seperti ini, maka sangat disarankan untuk segera menyemprotkan obat pelega napas dan jangan sampai menunggu sampai napas menjadi lebih berat dan berbunyi ‘ngik-ngik’.

Saat kita melihat seseorang yang mendapatkan serangan asma, pasti kita akan panik. Untuk itu sekali lagi sangat disarankan bagi penderita asma untuk selalu membawa obat pelega pernapasan jika sewaktu-waktu mendapatkan serangan asma dimanapun tempatnya.

Menurut para ahli, seseorang yang mengalami serangan asma akan mengalami sebuah penyempitan saluran pernapasan yang membuat pernapasan menjadu berat atau berkurang. Oleh karena itu penderita asma akan merasa sesak napas saat serangan datang.

Baca Juga  Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

Untuk itu jika ada seseorang yang mendapatkan serangan asma, maka sangat disarankan untuk menenangkan pasien dan membawa ke tempat yang lapang yang banyak asupan oksigen. Dengan tempat yang banyak dikerumuni orang, maka akan membuat asupan oksigen akan semakin kecil.

Kalau memungkinkan ada sebuah oksigen, maka segera berikan oksigen kepada penderita asma. Selain itu penting juga untuk melonggarkan pernapasan pasien dengan cara melonggarkan bajunya.  Dengan pernapasan yang lebih lancar, maka menghindarkan penderita kekurangan asupan oksigen yang bisa membuatnya tidak sadarkan diri.

Untuk itu bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit asma, maka sangat disarankan untuk tidak menganggap remeh penyakit yang satu ini. Sebenarnya penyakit asma bisa kita cegah dengan cara menghindarkan dari faktor yang menyebabkan kita alergi yang membuat asma muncul. Kenali apa yang menyebabkan anda menjadi alergi dan muncul serangan asma. Hindari penyebabnya dan lakukan pola makan yang bergizi dan perbanyak mengkonsumsi antioksidan.

Baca Juga  Ini Dia Bahaya Sering Menggunakan Handphone Bisa Menyebabkan Kualitas Sperma Turun

Artikel Terkait : Jenis Olahraga Yang disarankan Bagi Penderita Asma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *