Mengenal Manfaat Vitamin D Yang Tersembunyi

header niko 728 x 90

paparan sinar matahari pagi

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa vitamin D sangat bagus bagi kesehatan manusia. Untuk itu aktivitas fisik pada pagi hari dengan terpapar sinar matahari sangat bagus untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Untuk itu penting sekali kita mengenal manfaat vitamin D yang tersembunyi.

Tingginya manfaat vitamin D dalam tubuh kita ternyata masih banyak orang yang belum tahu. Namun sejak dulu banyak orang yang beranggapan bahwa sinar matahari pada pagi hari sangat bagus bagi kesehatan. Oleh karena itu sering kita melihat para orang tua yang menjemur bayi mereka saat pagi hari. Meskipun demikian hanya sedikit orang yang tahu secara detail tentang banyaknya manfaat vitamin D bagi kesehatan.

Baca Juga  Banyak Sumber Radiasi disekitar Kita Yang Mempunyai Efek Pada Kesehatan

Berikut beberapa manfaat vitamin D yang banyak tersembunyi :

1. Menunda timbulnya degenerasi makula

Manfaat tersembunyi pertama dari vitamin D adalah mampu menunda timbulnya degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan gangguan pada fungsi penglihatan yang sering terjadi pada orang tua yang berusia lebih dari 50 tahun. Untuk menghambat degenerasi makula, maka konsumsi makanan yang sehat dan asupan vitamin D yang cukup.

2. Menguatkan otot Vitamin D

Dengan asupan vitamin D yang cukup maka membuat proses penyerapan kalsium dalam tubuh kita berjalan dengan baik. Dengan penyerapan kalsium yang baik, maka akan membuat otot-otot kita menjadi lebih kuat yang berdampak pada kekuatan tulang.

Baca Juga  Benarkah Makan Kentang Goreng Membuat Ketagihan ?

3. Penurunan berat badan

Manfaat vitamin D yang tersembunyi selanjutnya adalah mampu menurunkan berat badan. Hal ini berdasarkan hasil studi yang mengatakan bahwa seseorang dengan asupan vitamin D yang cukup akan bisa membuat berat badan menjadi turun. Sebaliknya jika kekurangan asupan vitamin D akan memicu peningkatan berat badan.

4. Meredakan gejala fibromyalgia

Vitamin D yang tercukupi ternyata bisa mengurangi gejala fibromyalgia. Yaitu gangguan penyakit yang menimbulkan masalah nyeri pada sendi dan otot. Bahkan pada kasus yang lebih berat bisa mencegah depresi, kecemasan dan kelelahan tubuh.

5. Menurunkan risiko sakit jantung

Baca Juga  Apa Tandanya Kalau Bayi Mengalami Perkembangan Yang Lambat ?

Tahukah kita bahwa apabila kita mendapatkan asupan vitamin D yang cukup maka bisa mengurangi resiko akan penyakit jantung. Selain itu dalam sebuah hasil studi yang lain juga menyebutkan bahwa wanita dengan kandungan vitamin D yang cukup mampu mencegah dari penyakit tumor jinak pada rahim.

Artikel Terkait : Khasiat Luar Biasa Dari Buah Nangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *