Mengenal Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

manfaat brokoli

InspirasiBersama.com – Apakah anda termasuk orang yang suka mengkonsumsi brokoli ? jika benar anda sangat beruntung sekali. Sayuran berwarna hijau yang berbentuk seperti kembang kol ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya yang terkenal adalah mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Jika anda seorang wanita, maka konsumsi brokoli akan sangat bermanfaat dalam mengatasi produksi estrogen yang berlebihan yang bisa memicu adanya kanker payudara. Oleh karena itu konsumsi brokoli sangat bagus bagi kesehatan wanita terutama untuk mencegah kanker payudara yang mematikan. Anda bisa mengolah brokoli dengan cara merebusnya untuk dijadikan sayuran. Atau anda juga bisa memasak brokoli dengan dikombinasikan dengan beberapa sayuran hijau lainnya yang juga banyak mengandung vitamin.

Baca Juga  Bisakah Wanita Yang Berusia 50 Tahun Bisa Hamil ?

Kalau kita membahas secara mendalam tentang kandungan brokoli, maka menurut penelitiian brokoli mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti beta karoten, tiamin, ribiflavin, indola, kuersetin dan glutation. Selain itu brokoli juga banyak mengandung sulforatan yang tinggi jika dibandingkan dengan kubis. Beberapa kandungan zat tersebut yang membuat brokoli sangat bagus untuk mencegah penyakit kanker. Bukan hanya kanker saja, ternyata brokoli juga berkhasiat dalam mencegah penyakit osteoporosis.

Untuk membuat ramuan berbahan dasar brokoli anda bisa menggunakannya dengan cara mengambil kuntum brokoli yang masih ada batangnya, kemudian ambil wortel sebanyak tiga buah, apel satu butir dan yang terakhir adalah setengah genggam perterseli. Blender semua bahan tersebut dengan menambahkan air secukupnya. Setelah itu anda bisa menyaringnya kemudian meminumnya setiap pagi.

Baca Juga  Dampak Begadang Sama Dengan Makan Tak Sehat Selama 6 Bulan

Ada banyak bagian brokoli yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah bunga brokoli. Bunga dari brokoli sangat banyak mengandung zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh misalnya air, lemak, serat, kalsium, zat besi dan protein. Selain itu bunga dari brokoli juga mengandung fitohormon yang sangat bagus bagi tubuh kita untuk mempercepat proses penyembuhan bagi anda yang habis menderita penyakit berat. Anda bisa memasaknya dengan cara ditumis atau sebagi lalapan.

Apabila anda ingin mendapatkan kandungan yang luar biasa dari brokoli, anda bisa mengkonsumsi brokoli dalam keadaan mentah. Jika anda tidak mau, maka bisa anda konsumsi dalam bentuk dikukus untuk digunakan lalapan saat makan. Namun yang disarankan saat anda memasak brokoli adalah jangan terlalu lama. Hal ini akan bisa mengurangi kandungan zat-zat dalam brokoli. Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan.

Baca Juga  Ternyata Mendengarkan Musik Sangat Bagus Bagi Penderita Jantung Koroner

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Mengandung Banyak Antioksidan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *