Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo

header niko 728 x 90

kepala pusing vertigo

InspirasiBersama.com – Merasakan kepala pusing mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi orang dewasa. Namun bagaimana jika rasa pusing disertai dengan seperti berputar-putar ? Kondisi ini kita kenal dengan vertigo. Mari kita bahas lebih jauh tentang pusing dan vertigo.

Bagi anda yang sedang menjalankan aktivitas seperti bekerja dan sekolah, maka saat merasa kepala pusing akan membuat aktivitas kita menjadi terganggu. Berbeda halnya saat kita mengalami vertigo atau pusing berputar-putar, maka akan sangat mengganggu aktivitas kita, menjadi tanda adanya gangguan keseimbangan dalam tubuh dan sering kali membuat kita merasa mual dan muntah.

Antara pusing dan vertigo memiliki beberapa kemiripan dan juga perbedaan yang perlu kita ketahui. Hal ini sangat baik untuk mengenali gejala vertigo atau kepala pusing biasa.
1. Indikasi adanya gangguan pada telinga bagian dalam

Menurut para ahli mengatakan bahwa orang yang sering mengalami sakit kepala bisa disebabkan karena adanya kemungkinan gangguan pada telinga bagian dalam. Dalam bagian telinga manusia banyak kandungan yang bersifat kalsium dan protein atau biasa dikenal dengan otoconia.

Apabila ternyata kristal tersebut terlepas dan jatuh pada bagian kanal telinga bagian dalam, maka akan menyebabkan rasa pusing disertai dengan berputar-putar. Namun kondisi ini tidak berlangsung lama hanya beberapa waktu saja.

 

2. Telinga melakukan kontrol sistem keseimbangan aliran darah

Baca Juga  Benarkah Anak Yang Mempunyai Asma Cenderung Obesitas ?

Kondisi ini kerap terjadi saat kita berganti posisi seperti saat duduk ke berdiri. Pada kondisi tersebut bagian telinga dalam seperti utrikulus dan sakulus akan mendapatkan respon gravitasi yang membuat perintah sinyal kepada kardiovaskuler untuk melakukan penyesuaian aliran darah yang diakibatkan karena perubahan posisi tubuh duduk ke berdiri.

Kondisi perubahan dari posisi duduk atau tidur ke berdiri secara normal bisa menyebabkan kita terasa pusing. Namun jika ternyata hal itu bisa membuat perasaan seperti berputar-putar, maka ini menjadi indikasi adanya vertigo dan bukan pusing biasa.

Kondisi pusing saat perubahan posisi tubuh biasanya hanya akan berlangsung sesaat saja. Tetapi jika disertai dengan perasaan seperti berputar-putar, maka ini bisa berlangsung lama dan menjadi indikasi masalah kesehatan terutama pada gangguan keseimbangan tubuh.
3. Kepala pusing bisa disebabkan karena kekurangan asupan vitamin B12

Seseorang yang sering merasakan kepala pusing bisa jadi disebabkan karena kurang asupan makanan yang mengandung vitamin B12. Kekurangan vitamin ini bisa membuat aliran darah menuju otak akan terganggu yang bisa menyebabkan kita merasa pusing dan mual.
4. Kepala pusing juga bisa menjadi indikasi adanya masalah di jantung

Sering kali kita merasakan kepala pusing saat melakukan perubahan posisi tubuh secara mendadak seperti dari duduk ke berdiri. Kondisi ini kerap kali membuat kepala kita menjadi pusing.

Baca Juga  Lebih Bagus Mana Susu Kacang Polong dibandingkan Dengan Susu Sapi ?

Namun para ahli mengatakan bahwa kondisi sering merasa pusing bisa juga disebabkan karena adanya masalah pada jantung. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya katub jantung yang bocor, jantung berdetak lebih cepat, aterosklerosis.
5. Migrain bisa menyebabkan vertigo

Seseorang yang mengalami kepala pusing bisa juga dikaitkan dengan migrain. Biasanya rasa pusing akan disertai dengan rasa sakit pada kepala pada bagian tertentu.

Menurut para ahli, beberapa gejala migrain yang erat kaitannya dengan vertigo adalah munculnya rasa peka yang berlebihan pada cahaya, gerak dan suara. Dan berdasarkan data menyebutkan bahwa ada cukup banyak orang yang menderita migrain juga mengalami kondisi kepala yang berputar-putar seperti vertigo.
6. Orang yang cemas juga menyebabkan kepala pusing

Menurut seorang ahli mengatakan bahwa orang yang sering merasa pusing bisa disebabkan karena mengalami kecemasan. Kondisi ini kerap kali dialami mereka yang masih muda.

Saat seseorang mengalami gangguan kecemasan, maka bisa menyebabkan kondisi terganggunya keseimbangan dalam tubuh misalnya saat melihat benda yang bergerak.
7. Turun dari naik kapal, perahu dan mainan seperti ayunan kerap kali menyababkan kita pusing

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang yang merasakan kepala pusing dan terkadang berputar saat lama naik kapal laut kemudian turun ke darat. Kondisi ini normal terjadi dan biasanya bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama.
8. Obat juga bisa menyebabkan kita menjadi pusing dan vertigo

Baca Juga  Memiliki Tubuh Kurus Bukan Berarti Aman dari Diabetes

Ternyata kondisi sering merasa pusing dan vertigo bisa disebabkan karena kondisi efek samping mengkonsumsi obat. Ada jenis obat tertentu yang menyebabkan kepala terasa pusing dan vertigo seperti konsumsi obat penurun tekanan darah yang dikonsumsi dalam dosis yang besar.

Baca Juga : Mengapa Orang Yang Darah Tinggi Merasa Kepala Pusing
9. Kondisi dehidrasi dan pola makan yang salah juga bisa memicu kepala menjadi pusing

Seseorang yang mengalami dehidrasi juga bisa menyebabkan kepala menjadi pusing. Hal ini disebabkan karena pada saat dehidrasi tekanan darah kita akan cenderung turun yang membuat kita lemas dan pusing.

Selain itu pola makan yang salah juga bisa memicu kepala menjadi pusing seperti memilih jenis makanan yang bisa membuat kondisi dehidrasi. Misalnya saja minum kopi atau teh dalam jumlah yang banyak yang membuat tubuh banyak kehilangan cairan.

Artikel Terkait : 5 Penyebab Seseorang Mengalami Pingsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *