Mengenal Cara Pencegahan Penyakit Diabetes

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Penyakit diabetes kini sudah tidak lagi lekat dengan kalangan lanjut. Bahkan berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa 1 sari 5 dari total penderita diabetes berusia kurang dari 40 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang ini diabetes banyak menyerang kalangan usia muda. Untuk mencegah penyakit ini semakin banyak, sangat penting untuk mengetahui cara pencegahan penyakit diabetes.

sumber gambar : https://mencegahpenyakit.com

Ada beberapa cara pencegahan penyakit diabetes yang harus kita ketahui menurut para pakar kesehatan :

Baca Juga  Benarkah Daging Organik Mengandung Lemak Baik Lebih Banyak ?

1. Pencegahan Primer
Tips pencegahan penyakit diabetes yang pertama adalah pencegahan secara primer. Tips ini dilakukan bagi mereka yang mempunyai faktor resiko terjadinya penyakit diabetes, misalnya saja mereka yang secara genetik, berusia lebih dari 45 tahun, memiliki berat badan yang berlebih, aktivitas fisik yang kurang, mengalami hipertensi serta mempunyai pola makan yang tak sehat.

Baca Juga  Tidak disarankan Melakukan Diet Secara Berlebihan Sebelum Menikah

2. Pencegahan Sekunder

Sedangkan untuk tipe pencegahan yang sekunder dilakukan bagi mereka yang sudah terdiagnosa penyakit diabetes. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah atau mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil.

3. Pencegahan Tersier

Sedangkan untuk tips pencegahan tersier ditujukan bagi mereka yang sudah mengalami penyakit diabates yang sudah mengalami beberapa penyulit sehingga memerlukan sebuah tindakan kesehatan yang komprehensif di sebuah rumah sakit. Biasanya mereka sudah mengalami berbagai komplikasi diabetes yang mengancam jiwa.

Baca Juga  Inilah 4 Bahan Berbahaya Yang Sering Terdapat Pada Makanan Instan

Artikel Terkait : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *