Mengapa Wanita Lebih Mudah Cemas ?

header niko 728 x 90

wanita cemas

InspirasiBersama.com – Memang benar bahwa seorang wanita lebih mudah cemas dibandingkan dengan seorang laki-laki, mengapa hal ini bisa terjadi ?. Kecemasan merupakan sebuah gangguan psikologi yang berdampak bagi kesehatan dan aktivitas kita sehari-hari. Sering kali kita melihat wanita yang cemas tanpa adanya sebab.

Bagi seseorang yang mengalami kecemasan akan merasakan rasa takut, gelisah dan cemas terhadap sesuatu yang dipikirkan. Ternyata kondisi ini kerap juga dibarengi dengan perubahan kondisi kesehatan seperti perubahan tekanan darah, menjadi sering mual dan susah untuk mengawali tidur.

Munculnya pernyataan bahwa seorang wanita ternyata lebih mudah cemas berdasarkan sebuah hasil studi yang menyatakan bahwa secara umum seorang wanita memang lebih mudah cemas dibandingkan dengan pria. Artinya disini adalah wanita akan lebih gampang untuk stres.

Baca Juga  Benarkah Sering Berjalan Tanpa Alas Kaki Bisa Meningkatkan Resiko Kanker Kulit ?

Baca Juga : Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Meredakan Cemas dan Depresi

Berdasarkan data sebuah publikasi Jurnal Brain and Behavior menyatakan bahwa ada sekitar 60 juta orang Eropa yang mengalami kecemasan yang penyebabnya kurang jelas atau tanpa sebab. Hal ini menunjukkan bahwa ada sekitar 4 dari 100 orang mengalami kecemasan.

Lantas berapa rata-rata usia seorang wanita yang mengalami kecemasan tanpa sebab ? Berdasarkan data tersebut rata-rata perempuan yang mengalami kecemasan berusia kurang dari 35 tahun. Kebanyakan dari wanita tersebut juga mengalami gangguan kesehatan.

Yang menjadi perhatian bagi seorang wanita yang mengalami kecemasan adalah adanya depresi. Kondisi seseorang yang depresi akan secara tidak langsung berdampak buruk bagi kesehatan secara umum serta kerap menyebabkan kejadian bunuh diri pada seorang wanita.

Baca Juga  Beberapa Kondisi yang Bisa Membuat Lidah Menjadi Ungu

Untuk itu seseorang yang mengalami kecemasan yang dibarengi dengan adanya gangguan kesehatan sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Hal ini dinilai sangat penting untuk menghindarkan kondisi kesehatan yang semakin memburuk.

Kebanyakan dari mereka yang mengalami kecemasan enggan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Mereka beranggapan tidak menyebabkan gangguan kesehatan yang berarti. Mereka menganggap kondisi yang dialami sebagai suatu stres biasa yang disebabkan oleh beberapa hal dan akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Baca Juga  Dampak Wanita Mudah Marah di Tempat Kerja

Untuk meringankan kecemasan seseorang bisa dengan mengurangi mengkonsumsi minuman yang kaya kandungan kafein, minuman beralkohol dan menghentikan kebiasaan merokok. Dengan tidak melakukan hal-hal berikut serta menambah porsi untuk olahraga maka kecemasan yang kita alami akan cepat pergi dan berganti dengan rasa bahagia.

Artikel Terkait : Tips Meredakan Kecemasan Secara Cepat dan Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *