Mengapa Tubuh Manusia Membutuhkan Asupan Lemak ?

header niko 728 x 90

asam lemak omega-3

InspirasiBersama.com – Ada sebagian orang yang belum mengerti tentang lemak bagi kesehatan tubuh. Mereka Beranggapan bahwa tubuh manusia tidak membutuhkan lemak. Secara normal tubuh kita membutuhkan asupan lemak baik atau lemak tak jenuh. Lantas mengapa tubuh manusia membutuhkan asupan lemak ?

Secara umum lemak ada dua jenis yaitu lemak baik dan lemak jahat. Pada pembahasan kali ini kita akan fokuskan pada lemak baik atau tak jenuh. Lemak sehat atau tak jenuh sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Salah satu contoh lemak tak jenuh ganda yang sangat bermanfaat adalah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak janis, untuk itu sangat bagus dikonsumsi wanita hamil. Makanan yang banyak mengandung omega-3 adalah ikan-ikanan seprti sarden, ikan salmon, kacang kedelai, kuning telur, kenari, kanola dan biji rami.

Baca Juga  Beberapa Hal Yang Menyebabkan Siklus Haid Menjadi Tidak Lancar

Berikut manfaat lemak bagi kesehatan tubuh :
1. Memerangi rasa sakit
Salah satu manfaat lemak bagi tubuh adalah mampu mengurangi rasa sakit. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pittsburgh Medical Center yang menyatakan saat seseorang mengalami sakit pada leher dan punggung tidak perlu mengkonsumsi obat anti-inflamasi, cukup dengan konsumsi minyak ikan sudah bisa sembuh. Ini menunjukkan manfaat yang besar dari asam lemak omega-3 yang bisa berfungsi sebagai obat antiradang atau anti-inflamasi.
2. Menjaga berat badan ideal
Manfaat ke dua dari asam lemak omega-3 adalah mampu membuat suasana hati menjadi lebih gembira dan tenang. Bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan sangat baik konsumsi asam lemak omega-3. Dengan suasana hati yang tenang dan gembira maka bisa menekan keinginan untuk konsumsi makanan manis secara berlebihan. Hal ini dikarenakan saat seseorang mengalami stres, maka memicu untuk mengkonsumsi makanan secara berlebih terutama makanan yang manis.

Baca Juga  Tidak disarankan Melakukan Hot Yoga Selama Hamil

3. Lebih bersemangat
Salah satu bentuk omega-3 yang sangat bermanfaat adalah DHA. Konsumsi DHA secara cukup sangat bagus untuk perkembangan otak manusia. Disamping itu DHA juga sangat bagus dalam memproduksi hormon bahagia yang kita kenal dengan serotinin. Dengan konsumsi omega-3 yang cukup maka membuat kadar serotinin meningkat sehingga kita menjadi lebih senang dan bersemangat.
4. Bernapas dengan lebih lega
Bagi anda yang mempunyai riwayat sakit asma maka konsumsi omega-3 sangat bagus untuk menekan inflamasi yang disebabkan oleh asma. Dengan demikian maka penderita asma akan bisa bernafas dengan lebih lega.

Selain itu penelitian juga membuktikan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi minyak ikan, maka akan mempunyai pernapasan yang lebih sehat. Artinya mereka akan lebih bisa melakukan olahraga dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi minyak ikan.
5. Menjaga kesehatan jantung
Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, konsumsi asam lemak omega-3 juga sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah sehingga sangat bagus bagi penderita diabetes. Kita tahu bahwa diabetes bisa menyebabkan koplikasi pada jantung dan penyakit pembuluh darah lainnya. Disamping itu dengan sering konsumsi omega-3 juga terbukti mampu menstabilkan tekanan darah dan membuat aliran darah menjadi lancar bebas dari sumbatan. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School.

Baca Juga  Jangan Sembarangan Konsumsi Herbal Pembersih Liver

Artikel Terkait : Makanan Apa Saja Yang Sangat Bagus Menurunkan Kolesterol ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *