Mengapa Setiap Pagi Perut Terasa Kembung ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengalami perut kembung memang membuat kita tak nyaman. Apalagi jika hal ini terjadi setiap pagi hari. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Apakah ada masalah di pencernaan kita ?

sumber gambar : https://hellosehat.com

Secara umum perut kembung bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun semua ini erat kaitannya dengan pencernaan dan jenis makanan yang kita konsumsi.

Berikut beberapa penyebab mengapa anda bisa merasakan kembung setiap pagi :

1. Makan malam terlalu banyak

Ternyata penyebab pertama bisa karena pola makan malam hari yang terlalu banyak. Banyak orang yang setelah makan malam, beberapa menit kemudian sudah melakuka tidur. Padahal saat itu tubuh akan berusaha keras untuk mencerna makanan yang masuk dalam jumlah yang besar. Hal inilah yang bisa memicu kembung pada ke esokan harinya.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Tekanan Darah Rendah

2. Makan di larut malam

Penyebab selanjutnya adalah bisa disebabkan karena kita mempunyai kebiasaan makan pada larut malam. Secara biologis, pada larut malam tubuh kita akan mengalami masa rileksasi. Jika kita tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, maka proses pencernaan tidak akan bisa dilakukan dengan maksimal.

Kondisi ini akan menyebabkan banyak sisa makanan dalam pencernaan yang bercampur dengan gas. Hal ini akan memicu perut menjadi kembung pada ke esokan hari.

Baca Juga  Berikut Manfaat Melakukan Terapi Pijat

3. Cemas dan stres

Bagi anda yang sering kali merasakan kembung pada pagi hari, bisa juga disebabkan karena perasaan yang cemas dan stres. Kondisi ini terjadi mulai kemarin malam yang masih berlangsung saat anda hendak tidur. Kondisi ini akan membuat keseimbangan hormon menjadi terganggu yang efek sampingnya bisa membuat perut kembung dan diare.

Itulah beberapa penyebab mengapa ada orang yang selalu terasa perut kembung pada pagi hari. Untuk menghindarinya, maka anda harus menghindari beberapa kebiasaan di atas yang bisa memicu perut menjadi kembung pada esok hari. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Jiwa Anak Bisa dimulai Sejak Dalam Kandungan

Artikel Terkait : Penyebab Tubuh Mengeluarkan Bau Yang Tak Sedap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *