Mengapa Setelah Makan Nanas Lidah Kita Terasa Gatal ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengapa setelah makan nanas lidah kita terasa gatal ?. Nanas adalah salah satu jenis buah yang kaya manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, karena kerap menyebabkan lidah terasa gatal membuat sebagian orang enggan untuk makan nanas. Mengapa rasa gatal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : https://mcninfo.wordpress.com

Ternyata penyebab rasa gatal setelah mengkonsumsi nanas adalah akibat adanya zat bromelain. Saat zat ini masuk dalam tubuh manusia, maka akan melakukan pemecahan protein. Hal ini ternyata sudah berlangsung saat nanas berada dalam mulut kita. Kandungan protein kolagen yang terdapat pada jaringan lidah dan mulut ikut dalam pemecahan oleh bromealin. Hal inilah yang menyebabkan adanya rasa gatal pada daerah lidah dan mulut. Bahkan pada sebagian orang bisa sampai muncul pembengkakan.

Baca Juga  Diprediksi Pada Tahun 2050 Separuh Populasi Manusia Membutuhkan Kacamata

Kabar gembiranya adalah meskipun hal ini bisa memicu rasa gatal, tetapi menurut para pakar kesehatan masih terbilang aman meskipun kita banyak konsumsi nanas. Kita boleh terus mengunyah dan menelan nanas meskipun muncul sensasi rasa gatal. Kondisi ini secara alami akan dinetralisir oleh air liur dan asam lambung sehingga tak memicu rasa gatal. Selain itu tubuh kita akan berusaha memproduksi lagi protein yang berkurang akibat proses pemecahan oleh zat bromelain yang juga berfungsi untuk menetralkan rasa gatal.

Baca Juga  Terlalu Banyak Minum Susu Bisa Berdampak Buruk Bagi Kecantikan Wanita

Meskipun demikian, bukan berarti enzim bromelain berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Menurut para pakar kesehatan bromelain ini berfungsi sebagai zat anti peradangan dan mampu mencegah dari kerusakan sel yang disebabkan karena faktor bakteri. Selain itu sering mengkonsumsi nanas juga akan membuat sistem kekebalan tubuh kita menjadi semakin kuat dan bisa mencegah terjadinya resiko kanker usus.

Bagaimana jika ternyata rasa gatal setelah makan nanas tak kunjung sembuh ?. Jika anda mengalami hal yang demikian maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Kemungkinan besar anda mengalami alergi terhadap buah nanas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Adakah Efek Samping Memutar Tubuh Sampai Mengeluarkan Bunyi ?

Artikel Terkait : Beberapa Hal Yang Bisa Mencegah Naiknya Asam Lambung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *