Mengapa Setelah Bangun Tidur Mulut Kita Berbau Tajam ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengapa setelah bangun tidur mulut kita berbau tajam ?. Hampir semua diantara kita merasakan hal yang sama saat bangun tidur yaitu bau mulut. Mungkin kita bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi padahal sebelum tidur kita sudah melakukan sikat gigi ?.

sumbe gambar : Tribunnews.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa penyebab bau mulut pasca bangun tidur malam hari adalah karena jumlah air liur yang menurun dalam mulut kita. Ternyata air liur ini mempunyai manfaat yang sangat besar yaitu untuk membersihkan mulut kita dari bakteri yang masih tersisa yang memicu bau.

Baca Juga  Ada Cara Alami Menghilangkan Kantung Mata

Secara fisiologis, saat kita melakukan tidur maka produksi air liur akan menurun. Kondisi ini akan mengakibatkan rongga mulut kita menjadi kering yang meningkatkan munculnya bakteri. Kondisi mulut yang kering akan memicu munculnya bakteri yang bisa mengakibatkan bau mulut yang menyengat seperti saat kita berpuasa.

Sebenarnya mengalami bau mulut saat bangun dari tidur adalah hal yang normal menurut para pakar kesehatan. Meskipun demikian ada juga bau mulut yang menjadi suatu indikasi adanya masalah pada gusi, gangguan pada jantung dan juga stroke. Bukan hanya itu saja, terjadinya infeksi yang terjadi pada sistem gastrointestinal juga bisa menyebabkan seseorang mengalami bau mulut.

Baca Juga  Suka Minum Green Tea Bisa Menyebabkan Seorang Wanita Susah Hamil

Namun perlu juga untuk kita ketahui bahwa bau mulut yang terjadi saat bangun tidur tergolong normal atau tidak. Hal ini bisa kita ketahui dengan menilai apakah bau mulut yang terjadi terbilang masih wajar atau termasuk ketegori busuk, apakah bisa hilang setelah kita melakukan sikat gigi dan minum air. Jika bau mulut dinilai wajar dan bisa hilang setelah kita menyikat gigi dan minum air putih, maka hal ini terbilang normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Baca Juga  Manfaat Konsumsi Beras Analog Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Artikel Terkait : Dampak Buruk Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *