Mengapa Seorang Bayi Belum Boleh Minum Air Putih ?

header niko 728 x 90

bayi minum asi

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa bayi ternyata tidak membutuhkan air putih layaknya orang dewasa. Air putih memang mempunyai peranan yang sangat penting bagi tubuh manusia, namun ternyata hal ini tidak berlaku bagi seorang bayi. Bahkan para ahli menyarankan untuk tidak memberikan air putih pada bayi yang sudah mendapatkan ASI eksklusif. Justru seorang bayi yang diberi air putih bisa berbahaya bagi kesehatan, mengapa bisa terjadi ?

Minum air putih bagi orang dewasa bisa mencegah kita dari dehidrasi. Namun bagi seorang bayi yang sudah mendapatkan ASI, maka kandungan nutrisi ASI sudah lengkap termasuk untuk mencegah bayi dari dehidrasi. Apabila ternyata bayi diberikan air putih, maka akan menyebabkan kelebihan air pada perut sehingga membuat bayi enggan untuk minum ASI. Padahal ASI sangat dibutuhkan oleh seorang bayi dibandingkan dengan air putih.

Baca Juga  Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

Bukan hanya itu saja, seorang bayi yang diberikan air putih bisa juga akan mengalami gangguan pada organ pencernaan. Ada kandungan mikroorganisme, mineral dan zat lain yang masih belum bisa direspon oleh pencernaan bayi. Pemberian air putih secara berlebihan pada bayi juga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan elektrolit yang bisa membuat bayi jatuh sakit.

Baca Juga  Benarkah Tidak Semua Lemak Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa seorang bayi harus mendapatkan ASI eksklusif setidaknya selama 6 bulan sejak lahir.

Mengapa demikian ? Hal ini disebabkan karena bayi yang baru lahir memiliki sistem pencernaan yang masih sangat labil dan belum bisa menerima makanan dari luar kecuali ASI. Apabila ternyata seorang ibu mengalami gangguan pada produksi ASI, maka dibolehkan untuk memberikan susu formula. Meskipun demikian, ASI merupakan makanan utama bayi yang sangat disarankan oleh para ahli.

Baca Juga  Memakai Masker Merupakan Cara Terbaik Mencegah Penularan Tuberkulosis (TB)

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *