Mengapa Sedekah Bisa Membuat Kita Lebih Bahagia ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengapa sedekah bisa membuat kita lebih bahagia ? Ternyata untuk bisa hidup dengan bahagia kuncinya tak harus punya harta melimpah. Banyak orang yang merasa kurang bahagia meskipun hartanya melimpah. Cukup dengan rajin sedekah akan membuat kita lebih bahagia.

sumber gambar : http://bramardianto.com

Apakah hal ini sudah terbukti secara ilmiah ? Jawabnya sudah. Penelitian ini dilakukan oleh para pakar yang berasal dari University of Zurich Neuroeconmosits dan sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Nature Communication. Berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa orang yang suka sedekah akan berdampak pada perasaan yang lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang tak peduli terhadap orang lain.

Baca Juga  Perhatikan 4 Hal Ini Saat Kita Sering Konsumsi Suplemen Untuk Otot

Misalnya saja saat kita menolong orang lain dengan ikhlas, maka yang kita rasakan adanya tersenyum dan merasa hati lebih bahagia karena bisa membantu orang lain.

Dalam studi tersebut para peneliti membagi para responden menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi perlakuan diberikan sejumlah uang yang disarankan untuk bersedekah kepada kerabat dekat dan orang lain. Sedangkan pada kelompok dua diberikan uang yang disarankan untuk hanya digunakan untuk keperluan pribadi.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Sering Buang Gas ?

Dari perlakuan tersebut para peneliti menemukan pada kelompok pertama yang banyak melakukan sedekah kepada orang lain menunjukkan aktivitas otak yang lebih positif. Mereka cenderung merasa lebih bahagia. Kondisi ini berbeda dengan kelompok dua yang hanya menghabiskan uangnya untuk keperluan pribadi.

Artikel Terkait : Manfaat Sedekah Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *