Mengapa Saya Suka Mengunyah Es Batu ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sering kita mendengar bahwa ada seseorang atau teman kita yang mengutarakan keinginan untuk mengunyah es, mengapa hal ini bisa terjadi ?. Secara umum tubuh kita membutuhkan suatu nutrisi yang seimbang untuk menunjang fungsi organ tubuh. Namun tak bisa dipungkiri kadang kala ada jenis nutrisi tertentu yang mengalami penurunan, misalnya saja zat besi.

sumber : https://cantik.tempo.co – penyebab suka mengunyah es batu

Ternyata menurut kesehatan ada hubungannya antara keinginan untuk mengunyah es batu dan kekurangan zat besi. Pada kondisi suhu yang panas seperti siang hari, wajar jika kita menginginkan sesuatu yang segar seperti minuman dingin. Namun jika ternyata keinginan itu untuk mengunyah es batu, maka bisa jadi itu pertanda kalau tubuh kita kekurangan asupan zat besi.

Baca Juga  Perhatikan 4 Hal Ini Saat Kita Sering Konsumsi Suplemen Untuk Otot

Dalam istilah medis, keinginan kuat untuk mengunyah es batu disebut dengan pagophagia. Dalam sebuah hasil penelitian terbukti bahwa seseorang yang mengalami anemia merasakan hal yang lebih baik setelah mereka mengunyah es batu.

Saat tubuh seseorang mengalami anemia, maka yang terjadi adalah sel darah merah akan mengalami penurunan. Padahal fungsi dari sel darah merah ini adalah untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika fungsi ini tak bisa dilakukan dengan baik, maka akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan tak jarang menyebabkan sesak napas.

Baca Juga  Apa Tanda Kalau Tahi Lalat Berbahaya Bagi Kesehatan ?

Menurut para pakar kesehatan percaya bahwa dengan mengunyah es batu maka akan membantu tubuh dalam pengiriman darah ke organ otak, dengan asupan oksigen yang cukup ke bagian otak akan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Meskipun demikian bukan berarti kebiasaan suka mengunyah es batu menjadi kebiasaan yang boleh dilakukan terus-menerus. Kebiasaan suka mengunyah es batu akan menyebabkan resiko gangguan pada kesehatan gigi yang bisa memicu gigi keropos.

Jadi sekarang anda bisa tahu kalau kebiasaan suka mengunyah es batu itu merupakan pertanda kalau tubuh kita kekurangan zat besi. Untuk menghindari kebiasaan ini, maka konsumsilah banyak makanan yang banyak mengandung zat besi seperti ikan, bayam, kuning telur dan juga daging.

Baca Juga  Hubungan Antara Stress Dengan Timbulnya Kanker Payudara

Artikel Terkait : 6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Gigi Kuning

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *