Mengapa Saya Sering Terbangun Pada Jam 3 Dini Hari ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hallo mungkin anda saat ini merasakan hal yang sama yaitu sering terbangun pada jam 3 dini hari. Kondisi ini memang sering juga dialami oleh banyak orang. Dengan begitu mereka akan mengalami gangguan tidur yang menyebabkan tidur kurang lelap sehingga pada saat bangun masih terasa lelah dan ngantuk.

sering-terbangun-pada-dini-hari

sumber gambar : www.vemale.com

Cukup banyaknya orang yang mengalami hal yang sama, maka seorang pakat tidur dunia yang bernama Dr Neil Stanley mengatakan bahwa gangguan ini bukan merupakan hal baru. Ada beberapa orang di dunia ini yang merasakan sering bangun malam antara pukul 2 sampai 4 dini hari. Mau tau penyebabnya ? Menurutnya hal ini disebabkan karena ritme alami tidur.

Jika anda pernah belajar tentang fase-fase tidur, maka pada saat seseorang baru tertidur di situlah tahapan tidur paling dalam dalam ritme tidur manusia. Dan juga kebanyakan orang saat tidur pada fase dalam terjadi pada sepertiga malam yang biasanya hanya berlangsung selama 2-3 jam.

Baca Juga  Solusi Mengatasi Rambut Anak-Anak Yang Sering Kusut

Pada saat seseorang sudah melewati 3 jam pertama sejak tertidur, maka dia akan masuk pada fase tidur yang ringan. Nah pada fase ringan inilah biasanya orang sering terbangun. Biasanya fase ringan ini akan berlangsung selama 90 menit saja.

Banyak orang yang mengaku mudah sekali terbangun pada jam-jam tersebut saat malam. Hal ini karena anda masuk dalam fase tidur ringan yang membuat kita mudah terbangun meskipun hanya dengan sedikit rangsangan seperti pasangan anda berubah posisi, atau suara kecil dari hewan, atau adanya cahaya kecil yang muncul.

Baca Juga  Manfaat Kesehatan Sering Berada di Tempat Hening

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Untuk Tidur Lebih Nyenyak

 

Menurut para ahli orang yang sering terbangun pada jam 3 dini hari terbilang hal yang wajar terjadi. Ini terjadi secara alamiah sesuai dengan fase tidur manusia. Yang perlu kita hindari adalah mengurangi faktor resiko yang membuat kita sering terbangun pada jam 3 dini hari. Misalnya saja jam dinding yang berbunyi setiap jamnya.

 

Selain itu sangat penting juga untuk melakukan hal-hal yang positif sebelum kita benar-benar tidur. Misalnya saja tidak menggunakan gadget atau menonton TV menjelang kita tidur. Banyak orang yang melanggar hal ini dan sering kali bermain gadget terlebih dahulu sebelum tidur.

Baca Juga  Orang Yang Menderita Diabetes Akan Menurunkan Harapan Berumur Panjang

Apabila anda sangat sulit untuk menghindari terbangun pada dini hari, maka sangat disarankan untuk melakukan hal yang positif. Misalnya saja anda mengambil wudhu dan melakukan sholat malam selama beberapa menit. Anda bisa banyak merenung dan bersyukur yang pada intinya sama dengan melakukan meditasi. Itu akan memberikan dampak yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh dan mental kita.

Artikel Terkait : Pentingnya Mematikan Gadget Satu Jam Sebelum Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *