Mengapa Saya Sering Pipis Tengah Malam ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Ternyata bukan hanya anda saja yang sering terbangun pada malam hari untuk sekedar pipis. Berdasarkan sebuah data menyebutkan bahwa satu dari tiga orang yang sudah berusia 30 tahun ke atas juga sering melakukan kebiasaan ini. Bahkan kondisi ini bisa terjadi dua kali dalam semalam.

Mengalami hal yang demikian tentu sangat mengganggu istirahat kita. Dalam istilah medis kondisi ini disebut dengan nokturia. Biasanya dengan bertambahnya usia seseorang, maka resiko terjadinya buang air kecil pada tengah malam semakin besar.

sumber gambar : detik.com

Yang menjadi masalah adalah sering terbangun pada malam hari tentu akan mengganggu kualitas tidur kita. Kondisi ini menyebabkan kita mudah stres dan sering merasa lelah pada siang hari.

Baca Juga  Mengobati Flu Tanpa Menggunakan Obat

Sering kencing pada tengah malam bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah diabetes, sleep apnea, masalah jantung, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, minum alkohol, banyak minum kafein dan terlalu banyak mengkonsumsi air.

Baca Juga : Daftar Makanan Yang Bisa Membuat Sering Kencing

Dalam sebuah hasil studi terbaru yang dilakukan Asosiasi Eropa Urologi menyebutkan bahwa konsumsi garam berlebih juga bisa memicu anda sering terbangun pada malam hari untuk pipis.

Baca Juga  Menjaga Kesehatan Kulit Dari Bahaya Klorin

Dalam studi tersebut diketahui bahwa peserta yang mengkonsumsi garam lebih banyak sekitar 9,6 sampai 11 gram dalam sehari, maka bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil pada malam hari hingga dua kali lipat lebih.

Dari hasil data tersebut menyebutkan bahwa, mengkonsumsi garam secara berlebih bisa membuat seseorang menjadi nokturia atau sering buang air kecil pada malam hari. Bahkan kondisi nokturia yang dialami akan semakin buruk.

Menurut para peneliti, orang yang banyak mengkonsumsi garam akan mengalami mudah haus. Kondisi ini tentu memicu lebih banyak minum yang menyebabkan produksi urin meningkat. Dalam kondisi tertentu hal ini akan memicu poliuri yang berujung pada edema atau pembengkakan cairan pada anggota tubuh.

Baca Juga  Benarkah Ukuran Payudara Bisa Mendeteksi Karakter Seseorang

Artikel Terkait : Wajarkah Ibu Hamil Mengalami Sering Kencing ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *