Mengapa Saat Sedang Sakit Nafsu Makan Menjadi Menurun ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang tentu pernah mengalami sakit. Pada saat kita sedang sakit, serasa nafsu makan menjadi turun dengan drastis. Bahkan meskipun ada makanan yang menjadi kesukaan kita, rasanya malas sekali untuk mengkonsumsinya. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : https://beritagar.id

 

Jawabnya adalah karena reaksi alami yang dimunculkan oleh tubuh kita. Berdasarkan pendapat salah seorang pakar kesehatan asal Mayo Clinic yang bernama dr. Donald Hensrud, M.D, MPH mengatakan bahwa saat tubuh manusia sedang sakit, maka secara alami akan terjadi respon yang bisa dibilang rumit. Salah satunya adalah dengan diproduksinya senyawa kimia yang bernama cytokines. Ternyata salah satu pengaruh dari senyawa ini adalah menekan nafsu makan.

Baca Juga  Beberapa Jus Yang Bagus Untuk Menurunkan Berat Badan

Mengapa justru tubuh merespon agar menurunkan selera makan saat sedang sakit ? Ternyata dengan selera makan yang sedang menurun, maka akan membuat tubuh kita lebih mudah melepaskan energi serta membuat respon imun bekerja dengan lebih efektif. Saat nafsu makan kita meningkat, maka sebenarnya tubuh kita juga membutuhkan lebih banyak energi yang berfungsi untuk mencerna makanan yang masuk. Padahal saat sedang sakit tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi yang sedang terjadi.

Baca Juga  Inilah Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

Bukan hanya itu saja, menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa alasan mengapa nafsu makan menurun saat sedang sakit bermanfaat untuk menekan pertumbuhan dari virus yang masuk. Ternyata ada beberapa jenis virus justru bisa mengambil kesempatan dengan mengambil energi dari makanan yang kita konsumsi. Dengan begitu akan membuat virus akan menjadi lebih kuat dan cepat menimbulkan penyakit.

Baca Juga  Berdasarkan Hasil Riset, Ternyata Virus Zika Bisa Menyebabkan Sel Otak Mati

Sumber : doktersehat.com

Artikel Terkait : Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *