Mengapa Saat Sedang Demam Lidah Terasa Pahit ?

InspirasiBersama.comMengapa saat sedang demam lidah terasa pahit ?. Itulah pertanyaan yang banyak dirasakan oleh orang namun tak banyak yang tahu penyebabnya. Saat sedang demam, maka tubuh kita akan merasakan lebih panas, badan lemas, pusing, mual dan juga muntah. Secara otomatis akan menyebabkan nafsu makan kita menurun.

sumber : klikdokter.com – penyebab lidah pahit saat sedang demam

Berikut penjelasan secara medis mengapa lidah kita terasa pahit saat sedang demam. Ternyata pada saat tubuh kita demam, maka menandakan adanya suatu infeksi atau peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Pada saat itulah tubuh akan secara otomatis akan mengeluarkan suatu zat kimia yang bernama sitokin yang berfungsi untuk melawan proses peradangan yang terjadi. Kondisi ini ternyata memberikan sensasi pahit di lidah yang membuat kita tidak bergairah untuk makan.

Baca Juga  Ternyata Tidur Juga Bisa Bermanfaat Untuk Membakar Kalori

Jadi yang menyebabkan rasa pahit di lidah saat kita sedang demam adalah sitokin TNF alpha. Munculnya zat kimia berupa sitokin inilah yang merangsang lidah untuk memberikan sensasi pahit sehingga akan membuat makanan yang masuk akan terasa hambar. Pendapat lain mengatakan bahwa sitokin ini akan mempengaruhi otak untuk memberikan sensasi pahit di lidah.

Baca Juga  Makanan Yang Efektif Mengatasi Sembelit

Meskipun mempunyai sensasi pahit di lidah, kita tetap disarankan untuk mengasup makanan saat sedang demam. Asupan makanan sehat yang masuk saat sedang sakit akan sangat membantu menyembuhkan sakit yang kita alami. Pada saat tubuh kita mulai membaik, maka secara perlahan sensasi pahit yang ada di lidah juga akan menurun. Hal ini juga menandakan proses peradangan atau infeksi yang terjadi sudah membaik dan menuju proses kesembuhan.

Baca Juga  Hindari Rutin Konsumsi Kafein Jika Sedang Program Kehamilan

Artikel Terkait : Jika Badan Panas Jangan Terburu-buru Minum Obat Pereda Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *