Mengapa Saat Sakit Gigi Sering Menyebabkan Kepala Juga Ikut Sakit ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang pasti sepakat kalau sakit gigi rasanya minta ampun. Kondisi ini terbilang sepele, namun pada kenyataannya sangat mengganggu. Pada sebagian orang kondisi ini bisa lebih parah dengan disertai sakit kepala. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : arbamedia.com

Tahukah anda bahwa antara mulut, gigi dan kepala terdapat syaraf yang saling berkaitan. Pada area wajah dan kepala kita ternyata terdapat 12 serabut syaraf utama yang lebih dikenal dengan sebutan kranialis. Pada bagian saraf kranialis ini terdiri dari dua jenis syaraf yaitu motorik dan sensorik.

Baca Juga  Manfaat Pola Asuh Seorang Ayah Bisa Menurunkan Resiko Obesitas Bagi Anak

Dilihat dari fungsinya, saraf motorik erat kaitannya dengan gerakan bagian tubuh manusia. Sedangkan untuk saraf sensorik erat kaitannya dengan fungsi sensor tubuh seperti peraba, rasa dan penciuman.

Dengan susunan saraf yang seperti itu, maka jika terjadi rangsangan nyeri pada wajah seperti saat sakit gigi, maka saraftrigeminal akan meneruskan rangsangan nyeri tersebut ke beberapa area wajah seperti kepala, rahang, gusi dan beberapa bagian tubuh yang lain sekitar kepala.

Baca Juga  Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Susu Kental Manis

Dengan susunan saraf yang salit terkait pada area wajah ini, maka tak heran jika banyak orang yang saat merasakan sakit gigi disertai dengan sakit kepala. Biasanya kondisi ini terjadi pada kasus sakit gigi yang terbilang agak berat dan berlangsung cukup lama.

Untuk mencegah terjadinya hal ini, sebaiknya anda menghindari konsumsi makanan yang bisa memicu rasa sakit pada gigi seperti makanan manis. Selain itu perhatikan kebersihan gigi dan mulut kita dengan rutin menggosok gigi setiap hari dan sebelum tidur. Jika dirasa nyeri sakit gigi terasa berat, maka sebaiknya konsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan terapi pengobatan.

Baca Juga  Benarkah Menyusui Bisa Menyebabkan Payudara Menjadi Kendur ?

Artikel Terkait : Cara Mencegah Agar Tidak Sakit Radang Gusi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *