Mengapa Saat Naik Turun Tangga Lutut Sering Terasa Nyeri ?

header niko 728 x 90

nyeri lutut

InspirasiBersama.com – Banyak orang yang mengeluhkan rasa nyeri saat sedang naik turun tangga. Kita tahu bahwa saat kita beraktivitas, lutut merupakan bagian tubuh yang sering mendapatkan tekanan. Dengan lutut yang sering mengalami nyeri saat naik turun tangga, maka akan membuat aktivitas kita menjadi terhambat. Lantas apa yang menyebabkan lutut kita sering terasa nyeri saat dibuat naik turun tangga ?

Bagi seorang yang tidak sempat melakukan olahraga karena kesibukan kerja, maka pilihan untuk naik turun tangga adalah solusi yang tepat untuk melakukan olahraga. Namun bagaimana jika hal tersebut justru membuat rasa nyeri pada lutut. Tentu hal ini sangat mengganggu dan membuat kita kesal.

Baca Juga  Efek Suka Ngemil Pada Malam Hari Bisa Menyebabkan Menurunnya Daya Ingat

Menurut salah seorang dokter spesialis rehabilitas medik yang bernama Ade Sri Wahyuni mengatakan bahwa olahraga naik turun tangga memiliki manfaat yang bagus bagi endurance. Namun bukan berarti bermanfaat bagi otot-otot. Saat kita melakukan olahraga naik turun tangga, maka lutut kita akan mendapatkan beban berlebih bahkan sampai tiga kali lipat dari berat badan kita. Jika otot-otot disekitar lutut kita kurang kuat, maka hal ini akan memicu rasa nyeri.

Bukan hanya itu saja, bagi anda yang mempunyai berat badan berlebih juga beresiko besar mengalami nyeri lutut saat naik turun tangga. Dengan berat badan yang berlebih maka membuat beban pada lutut akan jauh lebih berat. Selain itu jika anda mempunyai riwayat cidera pada lutut, maka besar kemungkinan akan kambuh saat anda naik turun tangga.

Baca Juga  Makanan Yang Bisa Meredakan Nafsu Makan Yang Berlebihan

Untuk jenisnya, nyeri lutut ada yang bersifat berat dan ringan. Pada kategori nyeri lutut yang ringan biasanya karena terkilir atau kesleo. Untuk mengatasi jenis gangguan lutut ringan ini anda hanya cukup melakukan kompres dan mengurangi aktivitas saja.

Namun jika ternyata nyeri lutut disertai dengan bengkak, rasa hangat dan kemerahan. Maka kondisi ini termasuk jenis nyeri lutut yang berat yang memerlukan pemeriksaan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga  Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan

Artikel Terkait : Jangan Gunakan Obat Anti Nyeri Dalam Mengatasi Nyeri Lutut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *