Mengapa Saat Bangun Tidur Terasa Tidak Segar Meskipun Waktu Cukup ?

header niko 728 x 90

bangun tidur kurang segar

InspirasiBersama.com – Banyak diantara kita yang mengalami bangun tidur pagi terasa tidak segar meskipun waktu tidur sudah cukup. Mengapa bisa terjadi demikian ? Pertama yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah durasi tidur yang normal atau disarankan pada malam hari yaitu antara 7-8 jam.

Kalau ternyata kita sudah memenuhi waktu tidur selama 7-8 jam pada malam hari, kok masih merasa kurang segar, berarti ada yang salah dengan tidur atau menjelang tidur. Berikut alasan mengapa bangun tidur terasa tak segar meskipun waktu tidur sudah cukup :

1. Membaca di gadget sebelum tidur
Alasan pertama adalah karena kita sering menatap layar gadget untuk membaca atau browsing tertentu yang sering kita lakukan menjelang tidur malam. Kondisi ini terbukti secara ilmiah mampu membuat kita bangun tidur kurang segar padahal sudah tidur selama 7-8 jam. Berbeda saat kita hanya membaca buku.

Baca Juga  Dampak Buruk Donor Sperma Ada 36 Anak Yang Lahir Dari Ayah Sakit Jiwa

Saat seseorang menatap layar gadget, maka radiasi sinar biru yang berasal dari ponsel akan merangsang tubuh kita untuk menurunkan produksi melatonin. Melatonin merupakan hormon yang sangat berperan membuat kita tidur dengan nyenyak. Saat jumlah melatonin berkurang, maka otomatis kita akan merasa kurang nyenyak sehingga saat bangun akan terasa kurang segar.

Baca Juga : Penyebab Sering Merasa Ngantuk Selain Kurang Tidur

2. Salah posisi tidur
Penyebab kedua bangun terasa kurang segar adalah dikarenakan faktor salah posisi tidur. Sering orang terbangun pada malam hari karena merasakan nyeri pada bagian tubuh yang disebabkan posisi tidur yang salah. Tentu ini akan membuat kualitas tidur kita kurang maksimal sehingga saat bangun kurang segar.

Baca Juga  Ini Manfaat Buah Alpukat Bagi Usia Lanjut

3. Bantal tidak nyaman
Faktor bantal ternyata juga mempengaruhi kualitas tidur yang berimbas pada bangun tidur dengan kondisi yang segar. Penggunaan bantal yang terlalu tinggi dan keras kerap menimbulkan rasa tidak nyaman pada leher dan kepala yang membuat kita sering terbangun.

4. Menggertakkan gigi
Bagi kita yang pernah merasakan terbangun pada malam hari dengan merasa sakit pada bagian kepala, bisa jadi disebabkan karena kita melakukan menggertakkan gigi selama tidur. Untuk menghindari kondisi ini, maka melakukan pijatan lembut pada rahang bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi menggertakkan gigi saat tidur.

5. Sleep apnea
Penyebab terakhir kita bangun tidur merasa kurang segar meskipun sudah tidur dalam waktu yang cukup adalah disebabkan karena mengalami sleep apnea. Sleep apnea merupakan kondisi terhentinya napas sejenak yang terjadi saat seseorang tertidur. Kondisi ini kerap menyebabkan kita terbangun pada malam hari. Dan sifat dari sleep apnea ini terjadi secara berulang sehingga sangat mengganggu tidur kita.

Baca Juga  Manfaat Menangis Saat Stres

Untuk menghindari sleep apnea, maka sebaiknya kita menurunkan berat badan kita. Hal ini disebabkan karena sleep apnea kerap disebabkan karena faktor obesitas. Sleep apnea tergolong gangguan tidur yang berbahaya karena pernapasan akan terhenti secara mendadak sehingga memutus suplai oksigen ke otak.

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Dengan Kondisi Lampu Yang Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *