Mengapa Rambut Wanita Lebih Mudah Rontok Daripada Pria ?

header niko 728 x 90

kerontokan rambut wanita

InspirasiBersama.com – Berbicara tentang rambut rontok, maka bagi seorang wanita menjadi suatu hal yang sangat ditakuti. Hal ini dikarenakan seorang wanita sangat memperhatikan penampilan dibandingkan dengan seorang pria. Kerontokan rambut ternyata lebih sering terjadi pada wanita daripada pria, mengapa hal ini bisa terjadi ?

Secara umum penyebab rambut mengalami kerontokan adalah disebabkan oleh faktor autoimun atau sistem pertahanan tubuh. Saat imunitas seseorang menurun maka bisa saja menyebabkan rambut menjadi rontok. Hal ini sering terjadi pada seorang wanita yang berusia dibawah 50 tahun.

Baca Juga  Penyebab Anak Kecil Tiba-Tiba Terbangun Pada Malam Hari dan Menangis

Bagi seorang wanita yang sangat mengedepankan penampilan dalam pekerjaan sehari hari, maka memiliki rambut yang sehat bebas dari kerontokan adalah harga mati. Misalnya bagi seorang artis, pembawa berita di tv, atau profesi lain yang sangat mengedepankan penampilan. Saat terjadi masalah kesehatan seperti rambut rontok, maka karier kita bisa hancur hanya karena masalah kerontokan rambut yang bisa membuat kebotakan.

Menurut seorang pakar kebotakan rambut mengatakan angka kebotakan rambut lebih sering melanda seorang wanita daripada pria. Meskipun demikian seorang wanita sangat jarang sekali mengalami kepala yang benar-benar botak seperti yang sering terjadi pada pria.
Bagi seorang wanita, kebotakan pada rambut lebih sering disebabkan oleh ketidakseimbangnya hormon dalam tubuh. Hal ini terjadi saat hormon testosteron mengalami interaksi dengan suatu enzim yang berada pada akar rambut sehingga membentuk dihydrotestosterone (DHT). DHT inilah yang menyebabkan kerontokan rambut pada wanita.

Baca Juga  Penyebab Bibir Wanita Terlihat Lebih Hitam

Untuk mengatasi kerontokan rambut pada wanita bisa dengan menggunakan metode penyinaran laser pada kulit kepala. Sebenarnya kerontokan rambut yang terjadi bisa berhenti dengan sendirinya saat dalam tubuh wanita tersebut mengalami keseimbangan hormon.

Artikel Terkait : Cara Menyehatkan Rambut Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *