Mengapa Lidah Saya Pecah-pecah dan Seperti Retak ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Lidah pecah-pecah dan retak. Lidah adalah salah satu organ dalam tubuh kita yang mempunyai peranan sangat penting dalam proses mengunyah makanan. Makanan akan terasa enak atau tidak akan dirasakan oleh lidah kita terlebih dahulu. Bagaimana jika ternyata lidah kita menjadi pecah-pecah dan terlihat retak ? Apakah menandakan adanya penyakit yang berbahaya ?

sumber gambar : http://griverachika.blogspot.co.id

Menurut para pakar kesehatan yang dikutip dari sebuah majalah online terkenal dunia yang bernama Medical Daily menyebutkan bahwa kondisi lidah yang pecah-pecah dan terlihat seperti retak-retak bukan menjadi indikasi adanya penyakit yang berbahaya. Ini adalah kabar gembira bagi anda yang mempunyai lidah demikian.

Baca Juga  Tips Mencegah Kebotakan di Usia Muda Bagi Seorang Pria

Menurut para pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab lidah menjadi pecah-pecah dan retak belum jelas. Namun para pakar kesehatan menduga hal ini lebih disebabkan karena devisiensi atau kekurangan vitamin A serta adanya faktor genetik.

Kondisi lidah yang retak dan pecah-pecah ini juga bisa terjadi pada kalangan anak-anak. Namun  kejadian yang melanda anak-anak lebih dikaitkan dengan adanya penyakit down syndrome. Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa sekitar 80% anak yang mengalami down syndrome mengalami kondisi lidah yang demikian.

Baca Juga  Ini Manfaat Jika Bekerja Sering Berdiri Dapat Menurunkan Resiko Obesitas

Apakah lidah yang retak-retak dan pecah-pecah bisa disembuhkan dengan obat ? Menurut para pakar kondisi ini tidak memerlukan pengobatan khusus, jadi untuk menanganinya hanya disarankan untuk menjaga kebersihan mulut, gigi dan lidah.

Kondisi lidah yang retak dan pecah-pecah juga bisa memicu munculnya bau mulut. Hal ini disebabkan karena bisa menjadi tempat yang disukai oleh bakteri untuk berkembang biak sehingga memicu bau mulut.

Baca Juga  Kenali Beberapa Penyebab Bau Tak Sedap Pada Urine

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Tumit Yang Kering dan Pecah-pecah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *