Mengapa Kita Mengalami Cegukan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Semua orang pastinya pernah mengalami cegukan. Cegukan memang bukan sebuah masalah kesehatan serius, namun kondisi ini bisa sangat mengganggu. Misalnya saja saat sedang ngobrol dengan teman atau sedang kencan dengan pasangan. Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa kita bisa mengalami cegukan ?.

sumber gambar : http://www.alodokter.com

Mengalami cegukan saat sedang berinteraksi dengan orang bisa membuat lawan ngobro kita menjadi kurang nyaman. Bahkan kondisi ini bisa membuat kita merasa malu dan akhirnya mengakhiri ngobrol dengan orang lain. Tentunya kita semua tak ingin hal ini terjadi bukan ?.

Baca Juga  Apakah Boleh Penderita Diabetes Minum Teh ?

Apa sebenarnya cegukan itu ? Menurut salah seorang pakar kesehatan yang bernama Eugene Chio, M.D mengatakan bahwa cegukan diakibatkan oleh adanya kejang otot yang terjadi pada daerah diafragma.

Yang memicu terjadi kejang pada otot diafragma kita adalah adanya gangguan pada saraf frenik. Saraf frenik inilah yang mempunyai peranan sangat panting dalam mengontrol otot diafragma berjalan dengan baik. Bila saraf frenik mengalami gangguan, maka besar kemungkinan akan terjadi kejang otot yang memicu munculnya cegukan.

Baca Juga  Waspada Penyakit Jantung Koroner Jika Sering Nyeri Ulu Hati

Secara normal cegukan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada pula sebagian orang yang memang sering mengalami gangguan saraf yang akhirnya menyebabkan cegukan berlangsung lebih lama bisa lebih dari 48 jam atau bahkan berbulan-bulan.

Bila anda merasa terlalu sering mengalami cegukan dan berlangsung cukup lama, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Namun jika ternyata cegukan hanya berlangsung tak lama itu bukan sebuah masalah kesehatan yang serius. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Bogor

Artikel Terkait : Tips Aman Meredakan Cegukan Pada Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *