Mengapa Kita Harus Sering Mengganti Pisau Cukur ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mencukur bulu merupakan hal yang sering kita lakukan dirumah tak terkecuali bagi wanita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan atau memotong bulu pada tubuh kita. Bisa dengan menggunakan pisau cukur maupun dengan teknik waxing. Karena rasa yang sakit jika menggunakan waxing, maka banyak wanita yang lebih memilih menggunakan pisau cukur.

Berbicara tentang mencukur bulu dengan menggunakan pisau cukur, maka hal yang paling penting adalah pisau cukur itu sendiri. Ketajaman menjadi hal yang utama agar kegiatan mencukur berjalan dengan lancar. Untuk mewujudkan hal ini, maka kita harus sering mengganti pisau cukur secara berkala.

sumber gambar : http://perontokbuluketiak.com/

Pada kenyataannya banyak kalangan wanita yang enggan mengganti pisau cukur mereka. Mereka beranggapan bahwa masih tajam dan layak untuk digunakan. Padahal menurut para pakar sangat disarankan untuk menggantinya secara berkala setidaknya setiap 5-7 kali setelah kita pakai.

Baca Juga  Mengatasi Rambut Rontok Dengan Menggunakan Daun Pandan

Baca Juga : Dampak Mencukur Bulu Kaki Pada Pria

Mengapa hal ini penting untuk dilakukan ?. Menurut para pakar mengatakan bahwa pisau cukur yang telah digunakan rentan untuk terpapar bakteri. Terlebih jika sudah lama kita gunakan.

Kondisi ini diperparah dengan seringnya kita menyimpan pisau cukur ditempat yang lembab seperti pada kamar mandi. Memang hal ini akan memudahkan kita saat mencukur, tetapi tempat yang lembab menjadi tempat favorit bakteri untuk berkembang biak.

Baca Juga  Mengapa Banyak Orang Yang Tergoda Untuk Memencet Jerawat ?

Kebanyakan dari kita akan membiarkan pisau cukur dalam kondisi basah setelah kita gunakan. Kemudian kita taruh saja di kamar mandi selama beberapa hari atau bahkan minggu. Kondisi ini membuat pisau cukur mudah berkarat sehingga ketajaman juga menurun.

Kondisi pisau cukur yang tak layak lagi digunakan bisa ditandai dengan munculnya bentol merah sesaat setelah kita mencukur bulu. Kondisi ini disebabkan karena pisau cukur yang mulai tumpul, banyak bakteri yang menempel sehingga memicu infeksi pada kulit kita yang terluka.

Untuk menghindari hal yang demikian, maka sangat disarankan untuk rutin mengganti pisau cukur secara berkala setiap 5-7 kali pemakaian. Selain rutin menggantinya, setelah kita gunakan sebaiknya kita bilas semua bagian pisau cukur, kemudian baru kita simpan pada tempat yang kering. Jangan suka menyimpannya di tempat yang lembab seperti kamar mandi.

Baca Juga  Tips Meredakan Kecemasan Secara Efektif dan Cepat

Artikel Terkait : Efek mencukur Bulu Kemaluan Sampai Habis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *