Mengapa Kita Disarankan Mengunyah Makanan Dengan Pelan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mengapa kita disarankan untuk mengunyah makanan dengan pelan ?. Meskipun kita sering mendengar kalau makan sebaiknya dikunyah dengan pelan dan lama, tapi pada kenyataannya sering kali kita mengabaikan.

sumber gambar : kompas.com

Padahal dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat bisa memicu obesitas akibat gangguan sistem metabolik, memicu tekanan darah tinggi, banyak tumpukan lemak dalam tubuh, peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh, memicu penyakit stroke, diabetes dan jantung. Hasil dari penelitian ini terlampir dalam situs boldsky.com .

Baca Juga  Alasan Ilmiah Mengunyah Makanan Dengan Pelan Bisa Mencegah Kegemukan

Pada saat kita makan dengan cepat, maka akan memicu kenaikan kadar gula dalam darah yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini tentu akan meningkatkan resiko terjadinya resistensi terhadap insulin. Hal inilah yang memicu munculnya penyakit diabetes.

Inilah yang akan terjadi jika kita mengunyah makanan dengan pelan-pelan :

Nafsu Makan Bisa Lebih Terkendali
Alasan pertama mengapa kita disarankan untuk mengunyah makanan dengan pelan-pelan adalah bisa bermanfaat mengendalikan nafsu makan. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata kemampuan otak untuk menerima sinyal kenyang dari perut membutuhkan waktu selama kurang lebih 15 sampai 20 menit. Dengan makan secara pelan-pelan, maka akan memberikan kesempatan pada otak untuk menerima sinyak kenyang dari perut sehingga mencegah nafsu makan yang berlebih.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi Akibat Minum Obat Palsu ?

Sistem Pencernaan Berjalan Lebih Lancar
Alasan kedua mengapa kita disarankan untuk makan dengan pelan-pelan adalah membuat sistem pencernaan kita berjalan dengan lebih baik dan lancar. Dengan proses mencerna makanan yang berjalan dengan baik, maka akan membuat proses penyerapan nutrisi pada makanan berjalan dengan lebih baik.

Berat Badan Terjaga dengan Baik
Alasan ketiga makan dengan pelan adalah bisa menjaga berat badan tetap ideal. Semua orang tentu ingin punya berat badan yang ideal kan ? Nah mulai sekarang lakukan kebiasaan sehat ini.

Baca Juga  Jika Anak Menderita Kanker, Jangan Ucapkan Kalimat Ini !

Artikel Terkait : Bahaya Komplikasi Diabetes Yang Mematikan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *