Mengapa Jenis Minuman Diet Justru Bisa Meningkatkan Resiko Stroke dan Demensia ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah data menunjukkan bahwa orang yang sering kali mengkonsumsi minuman diet, ternyata memiliki resiko yang lebih tinggi terkena stroke dan demensia dibandingkan dengan jenis minuman kaya kandungan gula lainnya.

Hal ini berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Boston University Inggris yang diketahui telah melibatkan 4.400 orang dewasa dalam penelitiannya.

sumber gambar : http://pinkkorset.com

Dalam penelitian tersebut, para peneliti juga menyimpulkan bahwa tidak adanya hubungan antara mengkonsumsi minuman kaya kandungan gula dengan suatu penyakit tertentu. Meskipun selama ini banyak para pakar kesehatan yang lebih menyarankan untuk membatasi konsumsi minuman yang kaya kandungan gula.

Baca Juga  Penyebab Banyak Perokok Yang Mengabaikan Bahaya Rokok

Sudah tahu belum apa yang dimaksud dengan minuman diet ?. Minuman diet adalah jenis minuman yang dalam labelnya menyebutkan kalau rendah gula, akan tetapi pada kenyataannya menggunakan jenis pemanis buatan.

Jenis bahan pemanis buatan yang sering kali digunakan adalah aspartam dan sakarin. Para peneliti meyakini bahwa jenis pemanis buatan ini akan bisa memicu terjadinya suatu penyakit apabila sering kita konsumsi. Jenis penyakit yang sering kali terjadi adalah stroke dan demensia.

Baca Juga : Bahaya Konsumsi Pemanis Buatan Bagi Ibu Hamil

Sekarang ini banyak sekali jenis minuman diet yang beredaran dipasaran. Dengan adanya label diet atau rendah gula, tentu akan membuat banyak konsumen tergiur untuk mengkonsumsinya. Namun pada kenyataannya, apa yang tertulis dalam kemasan minuman diet tak memberikan efek kesehatan yang positif bagi tubuh.

Baca Juga  Kolesterol Yang Tinggi Berdampak Buruk Bagi Otak

Bukan hanya penelitian itu saja, dalam sebuah hasil studi lain yang dilakukan oleh para ahli yang berasal dari Imperial College London juga menyimpulkan bahwa jenis minuman diet ternyata tak bisa berbuat banyak membantu kita dalam menurunkan berat badan. Penelitian ini telah dilakukan pada januari 2017.

Dalam sebuah jurnal yang bernama American Heart Association Stroke menuliskan bahwa apabila seseorang bisa sampai 2,9 kali atau lebih mengkonsumsi minuman diet dalam sehari, maka lebih mungkin terkena penyakit stroke dan demensia sampai tiga kali lipat.

Baca Juga  Waktu Yang Dibutuhkan Oleh Seorang Pria Untuk Bisa Melakukan ‘Ronde Kedua’ Dalam Berhubungan Seks

Dengan adanya hasil penelitian tersebut, maka para ahli kesehatan sangat menyarankan kepada kita untuk lebih memilih mengkonsumsi air putih dibandingkan dengan minuman diet yang ternyata di dalamnya terdapat kandungan gula sintetis atau buatan.

Sumber : Liputan6.com

Artikel Terkait : Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *