Mengapa Hidung Saya Mudah Meler Saat Cuaca Dingin ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat memasuki musim hujan seperti sekarang ini memang sering kali kita mengalami hidung yang meler. Bukan hanya itu saja, terkadang hanya sekedar masuk dalam ruangan ber AC ada beberapa orang yang langsung hidungnya meler, mengapa hal ini mudah sekali terjadi ?. Kabar gembira bahwa berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa hidung yang mudah meler karena cuaca yang dingin adalah hal yang wajar, bahkan 50 sampai 90 persen semua orang akan mengalami hal yang sama.

sumber gambar : http://www.shakwmakw.com

Menurut salah seorang pakar kesehatan yang bernama David King yang berasal dari Australia mangatakan bahwa hidung yang meler erat kaitannya dengan udara yang lembab. Pada saat udara yang lembab masuk ke hidung kita, maka secara alami hidung akan berusaha membuat udara yang dingin tersebut menjadi lebih hangat dan basah dengan harapan agar tidak merusak susunan sel yang ada di paru-paru.

Baca Juga  Manfaat Jika Melakukan Olahraga Secara Teratur

Pada kondisi tersebut, hidung akan mengeluarkan cairan atau mukus yang berfungsi sebagai menetralkan udara yang masuk agar lebih hangat. Kondisi inilah yang kita sebut dengan mengeluarkan mukus saat cuaca sedang dingin.

Bagi anda yang sering merasakan hidung yang meler saat cuaca dingin, jangan langsung panik mencari obat untuk meredakannya. Ini adalah respon alami tubuh guna menstabilkan udara yang masuk ke hidung dan paru-paru. Jadi kondisi ini akan bisa kembali normal dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat. Yang harus kita lakukan hanya menjaga pola makan yang sehat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar hidung yang meler lebih cepat menghilang.
Artikel Terkait : Pentingnya Minum Air Dalam Ruang ber-AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *